7 Langkah Memulai Bisnis Clothing Line untuk Pemula

Bisnis Clothing Line untuk Pemula – Bisnis fashion merupakan salah satu jenis Peluang Usaha yang cukup Prosfek. Bisnis dalam bidang Fashion bisa di bilang tidak akan ada matinya, selalu berkembang dan mengikuti trend perkembangan zaman.

Pasalnya, Fashion sendiri merupakan salah satu kebutuhan sadang yang menjadi keperluan bagi manusia. Setiap tahunnya Trend Fashion juga selalu berubah-ubah.

Dengan demikian berartikan Bisnis adalam bidang Clothing akan selalu berkembang dan Update. Nah maka dari itu, jika anda yang saat ini ingin memulai Bisnis Clothing Line, maka pilihan tersebut adalah sebuah langkah yang tepat.

Lalu bagaimana cara memulai bisnis Clothing Line bagi Pemula?.

Apa saja yang perlu di perhatikan saat ingin terjun ke dalam Bisnis Clothing Line?

Pada artikel ini Pintar Peluang akan membahas bagaimana cara memulai Bisnis Clothing Line untuk Pemula. Serta langkah apa saja yang harus di lakukan sebelum dan setelah terjun ke dalam Bisnis Fashion. Berikut langkah, Tips, dan Strategi memulainya.

Apa Itu Bisnis Cloting Line?

Sebagai Pemula maupun bukan, untuk memulai sebuah Bisnis baru haruslah mengetahui terlebih dahulu tentang Bisnis yang akan di mulai. Termasuk Bisnis Clothing Line.

Lalu apa sih sebenarnya yang di Maksud dengan Bisnis Clothing Line?

Apa perbedaan Clothing Line dengan Distro?.

Bisnis Clothing Line adalah Bisnis pakaian oleh anak-anak muda dengan merk karya mereka sendiri yang dipasarkan melalui Otlet Distro.

Trend Bisnis Fashion dengan konsep Clothing Line ini awalnya mulai berkembang pada tahun 90an. Dimana pada masanya banyak anak muda yang menyusun konsep pakaian dengan Brand mereka sendiri.

Sejak saat itu, Istilah Clothing Line kian menjamur dan hingga saat ini menjadi salah satu peluang Bisnis yang cukup profitable.

Bahkan saat ini sudah sangat banyak Clothing Line yang menjadi trend dengan karya yang menarik di Sosial media dan Toko Online.

Baca Juga : Cara Membangun Usaha Konveksi Brand Sendiri

Apa Langkah Awal Memulai Bisnis Clothing Line?

Modal Usaha Clothing Line

Lalu bagaimana langkah awal untuk memulai Bisnis Clothing Line?, apa saja yang perlu di perhatikan untuk memulai Bisnis tersebut jika termasuk Golongan Pemula?.

Jika anda salah satu orang yang memilii tingkat kratifvitas tinggi, Bisnis Clothing Line milik anda sendiri adalah pilihan yang tepat.

Bagaimana cara memulainya?. Tenang saat ini sudah sangat banyak Vendor yang bisa menjadi partner anda untuk memulai Bisnis Fashion seperti ini.

Beberapa hal yang perlu anda perhatikan saat ingin memulai Bisnis Clothing Line sebagai pemula adalah Riset, Temukan fashion anda, Ketahui Trend, dan Mulailah sekarang.

Modal Usaha Clothing Line

Berapakah Modal yang di butuhkan untuk memulai Bisnis Clothing line untuk pemula?. Berikut adalah rincian modal yang bisa anda persiapkan untuk membuka Usaha Fashion dalam skala kaos.

Rincian Berikut adalah estimasi yang belum akurat. Namun bisa menjadi referensi anda untuk menyiapkan berada Budget yang di perlukan.

Kain katun kaos 1 pcs: 55–65ribu jika buatnya di konveksi, butuh 100pcs diawal= Rp 6.000.000
biaya operasional: Fixed Cost(Token Listrik, Internet, kebutuhan marketing, gaji karyawan, sewa tempat) -> Rp 8.000.000 perbulan. Target pendapatan mas: 10 juta perbulan.

Maka Laba Kotornya 24 juta perbulan.
berarti omset haruslah Rp 80.000.000/bulan.

Modal untuk bisnis awalnya: Rp 14.000.000 ini hitungan standardnya paling kalau meleset gak jauh dari sini itu berkaitan sama fixed cost/pengeluaran tetap bulanannya.

Hitungan ini hanya untuk produk kaos saja, kalau Ingin Menambahkan celana ya sama saja. Cuman celana harganya lebih mahal bisa modalnya tembus Rp 25.000.000. (Sumber Quora)

Cara Memulai Bisnis Clothing Line untuk Pemula

Cara Memulai Bisnis Clothing Line untuk Pemula

Nah untuk anda yang memang ingin mulai terjun ke dalam Bisnis Clothing Line ini. Berikut merupakan Cara yang bisa anda persiapkan sebelum memulai menjalankan Bisnis tersebut.

1. Temukan Fashion Anda Dalam Bisnis Clothing Line

Hal yang harus anda miliki untuk memulai Bisnis Clothing atau pun Bisis fahion adalah anda harus memiliki fahion anda dalam bidang tersebut. Atau minimal anda memiliki ketertarikan dalam Bisnis Terseut.

Mengapa demikian?, Dalam memulai Bisnis apapun, hal yang perlu untuk di lakukan adalah memiliki Minat dalam bidang tersebut. Karena jika anda tidak memiliki ketertarikan atau minat, maka anda akan menemui Banyak kendala dalam menjalankannya.

Modal awal untuk mencapai target tujuan adalah menjalankan Bisnis yang sesuai dengan kemauan anda. Bukan karen ikut-ikutan atau mengikuti Trend yang ada.

2. Riset 

Berikutnya jika anda sudah memiliki Fashion di dalamnya. Maka langkah kedua adalah anda harus melakukan Riset untuk kebutuhan Bisnis Clothing anda.

Riset di sini berartikan anda harus mulai mengamati dari Prosfek Bisnis tersebut. Beberapa hal yang perlu anda lakukan dalam Riset adalah bagaimana tentang minat kosumen terhadap Desain ata brand yang akan anda buat.

Anda bisa melihat di Google, Toko Online dan Sosial media sebagai bentuk Riset sederhana dalam minat bisnis clothing dan jenis yang laku keras di pasaran.

3. Tentukan Target Pasar Brand Anda

Setelah anda melakukan Riset berikutnya cobalah untuk menentukan Siapa yang akan menjadi targeet pasar anda. Istilah ini bisanya bisa di katakan dengan Segmen pasar.

Dalam hal ini, anda bisa menentukan siapa yang akan menjadi target pasar anda. sebagai contoh, misalkan anda membuat Clothing Line dengan Desain anime. Nah sudah di pastikan target penjualan anda adalah orang yang menyukai karakter anime.

Ini bisa lebih spesifik dengan karakter yang akan menjadi Desain anda. selain itu, anda juga akan mendapatkan perhartian dari Desain yang anda buat.

Baca Juga : 8+ Ide Bisnis Fasshion Wanita yang Menguntungkan 

4. Buat Konsep Brand Bisnis Clothing Line Milik Anda

seperti Target pasar, maka anda pelu membuat Desain milik anda sendiri.

Buatlah konsep brand yang menjadi identitas bisnis clothing line anda. Dengan begitu maka konsumen akan lebih mudah mengenali produk anda. Dengan ciri dan karakter yang di Desain oleh anda,

5. Riset kompetitor

Berikutnya setelah anda membangun Bisnis Clothing Line milik anda. Maka anda perlu melihat siapa kompetitor anda yang bergerak dalam Desain yang serupa.

Lihat bagaimana kompetitor anda memasarkan produk mereka. Bagaimana mereka menarik konsumen mereka. anda bisa menjadikan kompetitor anda sebagai target anda untuk mengembangkan produk anda.

Lakukan apa yang belum kompetitor anda lakukan. Misalkan kompetitor anda hanya membuat desain dari beberapa karakter, anda bisa membuat Desain yang lebih lengkap. Dengan begitu pasaran akan berubah dan melirrik brand anda.

6. Promosikan di Media Sosial

Sudah mulai jalan, Berikutnya anda harus mulai memasarkan produk Clothing Line anda.

Saat ini salah satu cara yang tepat untuk memasarkan Produk apapun adalah Media Sosial. Anda bisa memaksimalkan penjualan anda dengan Instargam atau Marketplace Facebook.

Untuk menjangkau dan membangun Branding yang lebih kuat, anda bisa menggunakan Media Website untuk branda anda.

7. Ikuti Tren

Karena Bisnis Clothing Line merupakan Bisnis Fashion, maka anda harus bisa melihat apa yang sedang trend saat ini. Yang sering menjadi pertanyaan adalah bagaimana caranya untuk mengetahui trend fashion yang sedang meningkat saat ini?.

Nah ada beberapa Trik yang bisa anda lakukan untuk mengetahui Model Fashion yang sedang trend saat ini. Cara tersebut bisa anda lakukan dengan Menggunakan Google Trend.

Anda bisa lakukan Riset fashion yang sedang trending dengan Google Trends. Cara nya adalah sebagai berikut.

  1. Buka Web penelusuran anda.
  2. Kemudian masukkan kata kuci di kolom penelusuran dengan kata Google Trends.
  3. Jika sudah masuk maka anda tinggal masukkan kata kunci yang ingin anda ketahui sedang trends saat ini.
  4. Nanti akan muncul berapa persen kw tersebut sedang trending.
  5. Anda bisa bisa juga melihat dengan rentan waktu mulai dari satu tahun, 6 bulan terakhir, 3 bulan terakhir, hingga satu hari terakhir.

Penutup

Nah apakah anda sudah siap untuk memulai Bisnis dalam Bidang Fashion Clothing line?. Meskipun pemula anda bisa menyusun konsep anda sejak sekarang.

Cara Memulai Bisnis Clothing Line untuk Pemula di atasa bisa anda coba terapkan untuk memulai usaha dalam Bidang Fashion milik anda sendiri.

Terimakasih sudah berkenan berkunjung dan membaca di Pintar Peluang

Tinggalkan komentar