Cara Daftar Akun Baru di MokaPos – Panduan Lengkap

Photo of author

Pintar Peluang

Pengenalan MokaPos

MokaPos adalah sebuah sistem manajemen kasir atau point-of-sale (POS) digital yang dapat membantu pemilik bisnis dalam mengelola transaksi keuangan. MokaPos dirancang khusus untuk perusahaan kecil dan menengah dengan berbagai jenis usaha seperti restoran, cafe, toko, kedai kopi, bakery, dan lain sebagainya.

Dengan MokaPos, pengguna dapat memantau semua transaksi dan melakukan manajemen stok barang dagangan secara efisien. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan fitur untuk membuat laporan keuangan otomatis yang sangat membantu dalam menghitung pendapatan dan pengeluaran bisnis.

Tujuan Penulisan

Tujuan penulisan artikel ini adalah memberikan panduan lengkap tentang cara daftar akun baru di MokaPos serta memberikan informasi detail tentang fitur-fitur yang tersedia setelah mendaftar akun baru. Artikel ini juga akan memberikan tips-tips berguna untuk memaksimalkan penggunaan MokaPos dalam mengembangkan bisnis Anda. Diharapkan dengan adanya panduan lengkap ini akan membantu para pemilik bisnis yang ingin menggunakan layanan dari MokaPos tetapi masih belum paham bagaimana cara mendaftarnya dan bagaimana menggunakan fitur-fiturnya secara efisien.

Langkah-langkah Cara Daftar Akun Baru di MokaPos

Mengakses Website MokaPos

Langkah pertama yang Anda harus lakukan untuk mendaftar akun baru di MokaPos adalah dengan mengakses website resmi mereka, yaitu www.mokapos.com. Pastikan bahwa Anda membuka situs web ini pada browser yang terpercaya dan aman agar informasi pribadi dan bisnis Anda tetap terlindungi.

Klik “Daftar Sekarang”

Setelah membuka situs web resmi MokaPos, klik tombol “Daftar Sekarang” yang biasanya ditemukan pada bagian atas atau tengah halaman utama. Setelah mengklik tombol tersebut, Anda akan langsung diarahkan ke halaman pendaftaran akun baru.

Isi Data Diri dan Informasi Bisnis

Pada langkah ketiga ini, Anda harus memasukkan data diri dan informasi bisnis yang lengkap dan benar. Beberapa data diri yang biasanya diminta adalah nama lengkap, alamat email aktif, nomor telepon aktif, serta kata sandi atau password untuk akun MokaPos Anda. Sementara itu, informasi bisnis seperti nama toko atau usaha Anda juga perlu dimasukkan pada kolom yang tersedia.

Setelah itu, isi formulir dengan data pengaturan bisnis lainnya seperti jenis toko atau usaha (restoran atau retail), alamat toko atau usaha serta jumlah karyawan. Selain itu juga disediakan kolom tipe industri seperti makanan minuman dll.

Baca Juga: Rekomendasi Aplikasi Pembukuan Toko Gratis Untuk Usaha Kecil dan Pemula

Verifikasi Email dan Nomor Telepon

Setelah berhasil mengisi formulir pendaftaran, MokaPos akan mengirimkan kode verifikasi melalui email dan nomor telepon yang telah Anda daftarkan sebelumnya. Lakukan verifikasi tersebut dengan memasukkan kode pada kolom yang tersedia.

Selesai

Setelah melakukan verifikasi, Anda sudah dapat menggunakan akun baru MokaPos untuk keperluan bisnis Anda. Namun sebelum itu, pastikan Anda telah menyiapkan data-data tentang produk atau jasa yang ditawarkan, serta harga-harga dan stok barang agar dapat dimasukkan ke dalam sistem MokaPOS secara tepat dan akurat.

Dalam proses pendaftaran akun baru di MokaPos ini, pastikan bahwa data yang dimasukkan valid dan benar karena akan digunakan untuk keperluan bisnis Anda selanjutnya. Dengan terdaftar di MokaPOS maka kemudahan dalam menjalankan usaha makin mudah dilakukan.

Fitur-fitur MokaPos setelah Mendaftar Akun Baru

Manajemen Stok Barang Dagangan

Setelah mendaftar akun baru di MokaPos, Anda akan mendapatkan akses ke fitur manajemen stok barang dagangan yang intuitif dan mudah digunakan. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengelola stok barang dagangan mereka, memantau persediaan, serta mengetahui kapan harus memesan lebih banyak barang.

Fitur manajemen stok ini juga membantu pemilik bisnis dalam menganalisis penjualan dan melacak produk terlaris. Dalam laporan yang dihasilkan oleh fitur ini, pemilik bisnis dapat mengetahui informasi penting seperti keuntungan bersih per produk dan laba atas investasi pada setiap item yang tersedia di toko mereka.

Pembuatan Laporan Keuangan Secara Otomatis

Pembuatan laporan keuangan sering kali menjadi pekerjaan yang sangat melelahkan bagi pemilik bisnis. Namun dengan MokaPos, pembuatan laporan keuangan menjadi jauh lebih mudah dan cepat. Setelah akun baru didaftarkan dan transaksi dimulai, laporan keuangan dapat dibuat secara otomatis.

MokaPos menyediakan laporan akuntansi lengkap dengan detail informasi transaksi harian hingga bulanan serta catatan pengeluaran dan pemasukan selama periode tertentu. Dalam laporan tersebut juga terdapat informasi tentang biaya operasional bisnis seperti listrik, sewa toko atau gaji karyawan yang memberikan pemilik bisnis gambaran yang jelas tentang pengeluaran mereka.

Pilihan Metode Pembayaran Yang Beragam

Setelah mendaftar akun baru di MokaPos, Anda akan mendapatkan akses ke pilihan metode pembayaran yang beragam. Dengan MokaPos, pelanggan dapat membayar dengan kartu kredit atau debit, uang tunai atau bahkan pembayaran digital seperti GoPay, OVO dan Dana. Pilihan metode pembayaran yang beragam ini membantu memperluas keberadaan bisnis Anda dan memudahkan pelanggan dalam melakukan transaksi di toko Anda.

Selain itu, fitur ini juga berfungsi untuk mengurangi risiko kesalahan dalam perhitungan oleh karyawan toko saat melakukan transaksi dengan menggunakan uang tunai. Dalam rangka terus memberikan kemudahan bagi para pemilik bisnis dan pelanggan setia mereka, MokaPos selalu mengembangkan fitur-fiturnya secara terus-menerus sehingga lebih mudah digunakan dan lebih memenuhi kebutuhan pasar saat ini.

Tips untuk memaksimalkan penggunaan MokaPos setelah mendaftar akun baru

Melakukan pelatihan dan pengenalan fitur-fitur pada karyawan

Setelah berhasil mendaftar akun baru di MokaPos, penting bagi pemilik bisnis untuk mempelajari dan mengenali fitur-fitur yang ditawarkan oleh MokaPos. Hal ini tidak hanya berguna untuk meningkatkan efisiensi dalam pengelolaan bisnis, tetapi juga membantu karyawan dalam menggunakan sistem POS dengan lebih lancar.

Sebagai pemilik bisnis, Anda dapat melakukan pelatihan dan memberikan panduan tentang cara menggunakan sistem POS secara efektif pada karyawan. Hal ini akan membantu mereka memahami fungsi-fungsi utama dari MokaPos seperti manajemen stok, penjualan, laporan keuangan, pilihan metode pembayaran yang beragam serta fitur promosi.

Menggunakan fitur promosi untuk menarik pelanggan

Salah satu keuntungan menggunakan sistem POS adalah kemampuan untuk mempromosikan produk atau jasa secara langsung melalui program promosi. Dalam MokaPos terdapat beberapa opsi promo yang dapat digunakan seperti diskon persentase atau nominal tertentu per jumlah pembelian tertentu (buy one get one).

Anda dapat membuat promo berdasarkan barang atau jasa yang ingin dipromosikan serta durasi waktu promo tersebut akan berlangsung. Dengan demikian, konsumen akan merasa tertarik dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Memperbarui stok barang secara berkala

Salah satu kelebihan dari MokaPos adalah kemampuan untuk mengelola stok barang secara otomatis. Dalam hal ini penting untuk memperbarui stok barang secara berkala agar informasi yang tertera pada sistem POS selalu akurat dan menghindari adanya kehabisan stok barang.

Sebagai pemilik bisnis, Anda dapat menggunakan fitur manajemen stok pada MokaPos dalam melihat persediaan barang dan melakukan perhitungan cost of goods sold (COGS). Dengan demikian, akan lebih mudah bagi Anda dalam menganalisis kinerja bisnis Anda secara keseluruhan.

Dalam memaksimalkan penggunaan MokaPos setelah mendaftar akun baru, pelatihan karyawan, penggunaan fitur promosi dan perbaruan stok barang merupakan beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan efisiensi bisnis Anda. Selain itu, menggunakan sistem POS seperti MokaPos tidak hanya membantu dalam mengelola bisnis tetapi juga memberikan solusi bagi pemilik usaha dalam menangani kendala administratif seperti pencatatan transaksi atau pembuatan laporan keuangan.

Kesimpulan

Ulasan Singkat Tentang Cara Daftar Akun Baru di MokaPos

MokaPos adalah sistem manajemen kasir yang dapat membantu Anda mengelola bisnis dengan lebih efisien. Dalam artikel ini, kita telah belajar bagaimana cara mendaftar akun baru di MokaPos dan fitur-fitur yang tersedia setelah mendaftar. Dengan menggunakan fitur-fitur ini, Anda dapat memperbarui stok barang bisnis Anda dengan mudah, memantau keuangan secara efisien, dan menerima pembayaran dari berbagai metode secara otomatis.

Lanjutkan Menggunakan MokaPos untuk Meningkatkan Bisnis Anda

Setelah mendaftar akun baru di MokaPos, pastikan untuk memaksimalkan penggunaannya dengan melakukan pelatihan bagi karyawan dan memanfaatkan fitur-fitur promosi untuk menarik pelanggan. Dengan melakukan pembaruan stok secara berkala, Anda akan dapat menghindari kelangkaan stok atau bahkan kelebihan stok.

Tingkatkan Bisnismu Bersama MokaPos

Dalam kesimpulannya, menggunakan MokaPos adalah cara yang tepat untuk meningkatkan kinerja bisnismu. Dengan menjaga informasi tentang penjualan dan keuangan dalam satu sistem manajemen kasir membuat pelayanan pelanggan menjadi lebih cepat dan mudah. Jadi jangan ragu lagi untuk mencoba pendaftaran akun baru di sistem manajemen kasir terbaik.

Mudah dan Cepat! Inilah Cara Transfer MBanking BCA ke Dana

Yuk, Kenal Lebih Dekat dengan Aplikasi Kasir Moka!