Cara Cek Engagement Rate Instagram Paling Mudah dan Akurat

Engagement Rate Instagram – Bagi para penggiat Sosial Media Istilah Engagement Rate adalah satu kata yang sudah familiar. Karena dalam hal seperti ini biasa digunakan untuk melakukan pengamatan dan analisa untuk Akun Media Sosial tersebut.

Engagement rate ini biasanya sering digunakan sebagai tolak ukur untuk menjalin kerjasama dengan Influencer. Dalam hal ini nantinya berguna untuk menghubungkan dengan rate yang diberikan seorang Influencer untuk menjalinkerjasama.

Tampilkan seperti melihat seberapa besar ketertarikan dan Interaksi dari Followers ke Konten yang di buat si Influencer. Dengan melihat Egagement ini nantinya akan mempermudah dalam menjalin kerjasama dan mencapai kesepakan.

Nah jika masih belum ngeh atau kurang jelas. berikut  Pintar Peluang  akan memberikan gambaran tentang apa sebenarnya sebenarnya Engagement Rate Instagram ini.

Pengertian Engagement Instagram

Engagement dalam Sosial Media sendiri memiliki arti Komunikasi dua arah. Menurut Wilbur Schram Komunikasi menjelaskan bahwa Engagement adalah Komunikasi Interaksional (1954).

Dalam hal ini ia juga menyebutkan bahwa kalau Komunikasi yang baik adalah jika audiens memberikan perhartian dalam bentuk Respon. Hal ini juga sering di sebut dengan Interaksi antara Audiens dengan Kreator yang membuat konten.

Dalam hal itu Seorang ahli statistik dan Internet membagikan tiga kategori dalam Interaksi media sosial tersebut, di antaran adalah

  • Percakapan Antara Pengguna atau yang di sebut dengan  Percakapan
  • Aktivitas respons singkat yang biasa dilakukan dengan cara menggunakan Emoji atau menekan Like atau yang biasa juga disebut dengan  Applause
  • Penyebaran dan Perluasan Pesan yang sering juga disebut membagikan konten: Amplification

*Sumber: Marketingcraft.getcraft.com

Cara Menghitung Engagement Instagram

Lalu setelah mengerti tentang apa Engagement Rate ini, berikutnya bagaimana cara menghitung engagement ini?. Atau yang kerap juga di sebut sebut dengan istilah Kalkulator Instagram.

Sebenarnya dalam menghitung dan mengetahui tingkat persentase Engagement Rate Instagram ini bisa dilakukan dengan beberapa cara. Salah satunya adalah dengan menghitung secara manual menggunakan Rumus yang sederhanya.

Nah berikut ini adalah cara menghitung Engagement Rate Instagram:

Meskipun saja dalam kurun waktu satu Bulan. Berdasarkan dari Informasi yang ada. untuk menghitung Egagement Rate ini adalah  Jumlah Like dari Postingan + Jumlah Komentar Jumlah Follower

Maka rumus menghitungnya adalah seperti ini:

  • Jumlah Suka (Misal dalam satu bulan telah menerbitkan 9 Konten) = 2.710
  • Jumlah Komentar = 150
  • Total Jumlah Follower = 10.000

Maka cara Menghitungnya adalah 

2,710+150÷10.000 = 0,286 = 286%

Kemudia hasil dari hitungan tersebut di ubah ke Persentase untuk melihat persentase persentase dari Akun tersebut.

Jadi Dari Total Tersebut setelah di Ubah ke persen maka mendapatkan hasil = 286%. Berati Egagement akun tersebut adalah sebesar 286%

Daftar Situs untuk Cek Engagement Rate Instagram

Namun jika Anda tidak ingin meluangkan waktu untuk menghitung setiap akun yang akan menjalin kerjasama tersebut secara manual. Anda dapat menggunakan Layanan dari beberapa Situs yang dapat menghitung Tingkat Keterlibatan Instagram secara akurat dan mudah.

Berikut adalah daftar nama situs yang bisa Anda gunakan untuk menghitung Engagement rate Instagram atau istilah Kalkulator Instagram.

1. Phlanx

instagram egagement kalkulator

Tool atau Situs yang pertama bisa anda gunakan adalah Phlanx. Situs ini merupakan salah satu situs yang paling banyak digunakan untuk mengecek dan Menghitung Engagement Rate Akun Instagram.

Cara kerja atau cara menggunakan situs ini sangat mudah. Anda tinggal mengunjungi situs Phlanx kemudiam masukkan nama akun yang ingin di Cek. Tunggu hingga proses menghitung selesai, dan Anda akan melihat seberapa persentase akun tersebut.

2. SocialBuzz

cara cek egagement rate

Situs yang kedua yang bisa anda gunakan adalah SocialBuzz. Cara menggunaka SocialBuzz sama dengan phlanx tadi. Untuk menggunakan Layanan Situs ini Anda bisa melakukan registrasi untuk mulai melakukan perhitungan tingkat keterlibatan.

Atau Jika anda ingin langsung menghitung engagement terbut anda bisa masuk menggunakan link ini SocialBuzz

Penutup

Nah itulah cara untuk menghitung Engagement Rate Instagram yang bisa Anda lakukan. Dengan menghitung dan Cek Engagemen ini anda bisa melihat seberapa besar interaksi kreator dengan audiensnya.

Cara ini juga bisa anda lakukan untuk anda pribadi yang ingin meningkatkan engagement Instagram Anda sendiri. Jika anda ingin serius mencari pendapatan dan Uang di Instagram atau Media Sosial. Anda harus melakukan tahapan-tahapan seperti ini.

Sudah berkunjung dan membaca di Pintar Peluang

2 pemikiran pada “Cara Cek Engagement Rate Instagram Paling Mudah dan Akurat”

Tinggalkan komentar