Jenis Jenis Media Promosi

Photo of author

Pintar Peluang

Jenis Jenis Media Promosi – Dalam membangun Bisnis dan Usaha, satu hal yang sangat penting adalah Promosi. Dengan adanya kegiatan promosi, maka secara tidak langsung anda telah mengembangkan Bisnis anda.

Peranan Promosi sendiri sangatlah Vital dalam Bisnis, tak heran jika banyak pebisnis yang rela menganggarkan Dana Khsusu untuk Promosi. Namun perlu diketahui juga, ada beberapa Media Promosi yang cocok dan tidak dengan Bisnis.

Dalam kegiatan pemasaran ada beberapa Jenis Media Promosi yang bisa digunakan untuk meningkatkan pendapatan Bisnis. Maka dari itu,penting untuk anda mengetahui Media Promosi apa saja yang cocok untuk Bisnis anda.

Berikut Pintar Peluang sudah membuat Daftar Jenis Jenis Media Promosi yang tepat untuk membangun Bisnis anda. Silahkan simak apa saja media yang cocok untuk memasarkan Bisnis agar mencapai tujuan dan keuntungan.

Apa itu Media Promosi?

Media Promosi adalah Sarana yang di gunakan dalam mendukung Kegiatan Promosi, Pemasaran dan pengenalan produk. Kegiatan Promosi sendiri adalah sebuah kegiatan dalam bidang pemasaran.

Dengan Tujuan sebagai suatu komunikasi yang dilakukan oleh perusahaan kepada pembeli atau konsumen. Dalam hal ini pebisnis akan menunjukkan keunggulan dan fungsi dari produk yang dipasarkan.

Baca Juga : Cara Mempromosikan Produk di Media Sosial dengan Maksimal

Jenis Jenis Media Promosi

Untuk melakukan Kegiatan Promosi anda akan membutuhkan media. Secara garis besar ada Tiga Media Promosi yang bisa digunakan.

Media cetak

Jenis Media Promosi media cetak merupakan media yang pernah sangat populer pada zamannya. Dimana hampir setiap pebisnis menggunakan media cetak sebagai media memasarkan produk merekan. MIsalnya seperti iklan di koran, majalah, tabloid, poster, dan jurnal.

Masing-masing media ini memiliki keunggulan tersendiri dengan target sendiri. Koran harian menguntungkan untuk digunakan sebagai promosi setiap hari terbit.

Berbeda dengan koran, majalah memiliki audience yang lebih Spesifik dengan waktu terbit yang tidak setiap hari.

Jurnal serupa dengan majalah namun memiliki audience yang lebih spesifik, dan lebih efektif digunakan ketika ingin menetapkan target pasar yang diinginkan.

Baca Juga : 5 Fungsi Website Sebagai Media Promosi

Jenis Media Promosi Elektronik

Saat ini peranan Internet juga sangat berpengaruh dalam kegiatan Promosi. Tak heran jika banyak pebisnisi lebih memilih metode ini sebagai media promosi mereka.

Contoh media elektronik bisa berupa televisi dan radio, website, bisa juga media sosial seperti Facebook dan Instagram.

Jenis Media Promosi Iklan outdoor

Jenis media ini adalah media periklanan yang paling sering ditemui di sepanjang jalan, pasar, stasiun, dan ruang-ruang publik lain.

Beberapa contoh media iklan outdoor yakni

  1. Billboard
    Media promosi yang memiliki bentuk semacam poster dengan ukuran besar. Saat ini ada beberapa versi digital dari billboard yaitu seperti videotron, dan versi mobile yang biasa ditempel di kendaraan.
  2. Baliho
    Media promosi Baliho kerap digunakan untuk memberikan informasi promosi jangka pendek tentang acara atau promosi komersil. Saat ini baliho memang sudah cukup kalah dengan adanya neonbox dan Iklan Banner di Website
  3. Neon box,
    Media promosi yang berjenis penyampaian letak Bisnis. Yang mana di dalamnya terdapat Lampu yang di pasang sebagai penerangan. Neonbox sangat cocok digunakan untuk media promosi di malam hari.
  4. Round tag atau rontek.
    Media promosi jenis ini kerap di temui pada ruang publik yang biasa ditempel di tepi jalan dengan bahan dasar banner.

Baca Juga : Strategi Promosi Melalui Sosial Media Agar Bisnis Semakin Meroket

Media Promosi Untuk Bisnis Online

Selain jenis media yang ada di atas. Jika anda sebagai pebisnis Online, perlu juga melakukan promosi produk anda.

Meskipun anda sudah memiliki media sendiri seperti Website, namu kegiatan promosi di luar media anda masih perlu dilakukan.

Berikut adalah beberapa Media Promosi Bisni Online yang bisa anda terpakan ke Bisnis anda:

  1. Sosial Media
    Bisnis Online memiliki target pangsa pasar dimana orang-orang yang memiliki kebiasan belanja daring. Maka penting untuk anda menargetkan calon konsumen anda di Media Sosial.Anda bisa menggunakan Instagram, Facebook, Marketplace, Dan media Hiburan lainnya seperti Tiktok dan Youtube.
  2. Blog
    Meskipun saat ini hampir semua orang banyak menyukai Youtube. Namun popularitas Blog masih sangat tinggi. Terbukti jika beberapa Blogger mampu menghasilkan Uang hingga puluhan Juta perbulannya.Dengan kata lain, Audiens dari Blog sangat tepat untuk dijadikan target pemasaran produk anda. Anda bisa memanfaatkan Blog yang memiliki Trafic tinggi untuk memasang Iklan promosi produk anda.

Penutup

Nah itulah beberapa Jenis Jenis Media Promosi yang bisa anda gunakan sebagai kegiatan promosi Bisnis anda. Dengan media yang tepat, sudah bisa di pastikan produk anda akan mendapatkan posisi bagi pelanggan.

Terimakasih sudah berkenan berkunjung dan membaca di Pintar Peluang

Kode Promosi Webtoon

Cara Mengganti Kata Sandi Facebook

Leave a Comment