7+ Kesalahan utama dalam memulai bisnis e commerce

Kesalahan utama dalam memulai bisnis e commerce – Bisnis e commerce memang merupakan peluang Bisnis yang sangat menguntungkan dan menjanjikan. Terutama jika dikelola dengan benar dan tepat. Namun masih banyak pebisnis e commerce yang baru pertama memulai tidak tahu jika ada kesalahan utama yang bisa saja terjadi.

Kelihatannya, Bisnis e commerce memang tidaklah sulit. Karena pelaku Bisnis hanya perlu memasarkan produk dengan memanfaatkan perkembangan Digitalisasi. Namun, untuk membangun Bisnis tersebut ada beberapa faktor yang harus di ketahui. Agar bisa menghindari kesalahan dalam menjalankan Bisnis e commerce tersebut.

Nah pada artikel ini Pintar Peluang akan menjelaskan beberapa Kesalahan utama dalam memulai Bisnis e commerce. Apa saja kesalahan tersebut, berikut penjelasannya.

Kesalahan utama dalam memulai bisnis e commerce

Berikut ini merupakan point-point yang kerap menjadi masalah dalam menjalankan Bisnis e commerce yang sering diabaikan pelaku Bisnisnya.

1. Pemilihan platform yang tidak tepat

Membangun Bisnis e commerce memang harus bisa memilih platform yang tepat sebagai medianya. Dalam Bisnis e commerce platform merupakan bagian vital yang tidak boleh dianggap sepeleh.

Pasalnya, platform merupakan titik tumpu Bisnis e commerce anda bisa berkembang dengan tidaknya. Saat ini banyak sekali platfrom yang bisa digunakan menjadi media bisnis e commerce anda.

Sebelum anda memilih platform untuk Bisnis e commercenya, baiknya anda melakukan searching tentang platform yang akan anda pilih. Dengan begitu anda bisa memaksimalkan Bisnis e commerce anda denga baik.

Pemilihan Merketplace yang tepat juga akan mempengaruhi perkembangan dan tingkat interaksi bisnis anda dengan audiens.

2. Gambar yang tidak Jelas

Point yang juga menjadi Kesalahan bisnis e commerce adalah Tidak adanya gambar pendukung yang jelas. Audiens atau konsumen anda pasti akan mengetahui spesifiasi produk anda dengan melihat gambar yang anda cantumkan di Marketplace anda.

Untuk itu, anda harus menggunakan gambar yang jelas dan memiliki kualitas gambar yang baik. Tujuanya adalah untuk membangun kepercayaan pelanggan anda.

3. Deskripsi tidak lengkap

Konsumen dan Audiens anda pasti akan membaca Deskripsi produk anda terlebih dahulu sebelum membeli produk anda. Maka dari itu, anda perlu mencantumkan Deskripsi produk anda sesuai dengan spesifikasi barang yang anda jual di Marketpalce.

Baca Juga : Kunci Sukses Berjualan di e commerce

4. Proses Pembayaran yang Rumit

Tidak semua konsumen anda memilki mobile banking atau uang digital. Karena itulah anda harus mencantumkan layanan pembaayaran yang lebih sederhanya seperti pembayaran melalui gerai atau Biler layanaan pembayaran.

Dengan itu konsumen anda dapat melakukan transaksi pembelian dengan mudah. Jika pembayaran anda rumit, maka konsumen tersebut pasti akan mencari produk lain dengan metode pembayaran yang lebih mudah.

5. e commerce tidak Mobile Friendly

Saat ini kegiatan digitalisasi lebih banyak di lakukan di Mobile. Bahkan banyak perusahaan yang membuat inovasi mengembangkan usaha dan bisnis mereka dengan Android atau Mobile.

Maka dari itu anda harus bisa mengoptimasi e commerce anda agar bisa di gunakan lebih mobile friendly.

6. Navigasi Website yang tidak bagus

Saat audiens atau konsumen mengunjungi toko e commerce anda. Pasti audiens akan tertarik dengan isi Website e commerce  anda. Untuk itu agar konsumen anda lebih mudah mencari berbagai produk. Maka anda perlu membuat Navigasi yang lebih mudah untuk digunakan.

7. Tidak Melibatkan Media Sosial

Satu lagi Kesalahan utama dalam memulai bisnis e commerce yang sering dilupakan adalah peran Media sosial. Kenapa demikian?. Sebenarnya Website e commerce anda sangat bagus jika di kolaborasikan dengan media sosial.

Pemasaran yang di kolaborasikan ini akan menghasilkan Audiens serta trafic yang sangat luar biasa. Jika banyak trafic otomatis Bisnis e commerce anda akan mendapatkan interaksi yang banyak. Maka akan ada lebih banyak aktivitas audiens di Website e commerce anda.

8. Tidak Memperhatikan SEO

Kesalahan utama dalam memulai bisnis e commerce yang tidak bisa ditinggalkan adalah SEO. Karena Bisnis e commerce adalah Bisnis digital yang sangat berkaitan dengan Mesin pencarian. Maka anda harus bisa mengoptmasi WEB anda agar bisa tampil di halaman pertama Google.

Caranya adalah dengan melakukan Optimasi Web bersama SEO. Agar anda bisa meranking di halaman pencari, maka produk anda akan lebih besar mendapatkan peluang penjualan.

Penutup

Jika anda ingin mengembangkan produk Bisnis anda, maka pilihan yang tepat adalah memasarkan dengan Digital. Atau membangun Bisnis dengan basic e commerce.

Dengan begitu anda bisa memaksimalkan produk yang akan anda pasarkan. Namun anda juga harus tahu mengenai Kesalahan utama dalam memulai bisnis e commerce.

Terimakasih sudah berkenan berkunjung dan membaca di Pintar Peluang

Tinggalkan komentar