6 Kunci Utama Keberhasilan Positioning Produk

Kunci Utama Keberhasilan Positioning Produk  – Positioning merupakan salah satu faktor penting dalam mengembangkan Bisnis. Dalam Dunia pemasaran Bisnis, Positioning sebuah strategi yang harus di terapkan dalam meningkatkan Branding, Ciri khas, Citra terhadap produk.

Seperti yang sama kita ketahui jika, strategi pemasaran dan penentuan positioning produk merupakan salah satu bentuk perusahaan untuk mendapatkan hasil penjualan.

Brand atau produk haruslah bisa bersaing untuk mendapatkan perhartian dari konsumen. Makan dari itu, di sinilah peranan positioning sangat di perlukan.

Lalu apa saja sih yang menjadi poin atau Kunci Utama Keberhasilan Positioning Produk Bisnis?. Seperti Biasa Pintar Peluang akan mengulas tentan berbagai Strategi dalam membangun Bisnis agar menjadi Potensial dan Tepat.

Berikut adalah pengertian Positioning dan apa saja yang perlu di terapkan dalam Positioning Produk Bisnis anda.

Pengertian Positioning

Bagi para pebisnis atau pun pengusaha istilah Positioning pastti sudah tidak asing lagi. Strategi pemasaran yang memang menjadi salah satu faktor mendorong berkembangnya penjualan produk yang tepat.

Nah lalu apa sih artian dari Positioning tersebut?. Secara umum pengertian Positoning adalah penempatan Brand atau Merek agar mendapatkan tempat dari konsumen. Atau bertujuan untuk membuat produk mudah di ingat bagi konsumen.

Nah dalam hal ini ada beberapa faktor yang mempengaruhi keberhasilan dari Positioning produk. Salah satunya adalah Merek atau Logo dari Bisnis dan Perusahaan.

Pengertian Positioning menurut para ahli

Menurut Philip Kotler

positioning adalah Sebuah tindakan untuk merancang produk dan bauran pemasaran sehingga tercipta kesan tertentu di dalam ingatan konsumen.

Kunci Utama Keberhasilan Positioning Produk

Strategi Positioning Produk

Berikut adalah beberapa langkah dan Strategi Positioning Produk yang bisa anda terapkan sebagai metode peningkatan penjualan.

1. Atribut Produk

Kunci Utama Keberhasilan Positioning Produk yang pertama adalah Atribut Produk. Berdasarakan ini adalah dimana anda sebagai pebisnis menentukan posisi produk dengan memperhatikan atribut Bisnis anda. Seperti Logo, simbol dan yang berkaitan dengan Brand Produk Bisnis anda.

Position produk dalam point ini benar-benar harus anda perhatikan dengan baik. Karena ini merupakan tampilan yang pertama akan di lihat dari Konsumen anda. Nah dengan kata lain anda bisa membuat desain yang menarik untuk atribut produk Bisnis anda.

2. Harga dan Kualitas Produk

Positioning produk dengan harga tidak selalu berkaitan dengan siapa yang lebih murah. Namun anda juga harus memperhatikan kualitas dara produk tersebut, Harga akan menyesuaikan dengan kualitas produk yang anda berikan.

Dengan kata lain,maka anda tidak harus mematok harga yang relatif lebih murah dari pesaing anda. Jika anda bisa memberikan kualitas kepada konsumen, maka soal harga tidak perlu anda fikirkan.

3. Berdasarkan Pemakai

Kunci Utama Keberhasilan Positioning Produk berikutnya addalah berdasarkan pemakai. Misalnya dalam hal ini anda berkolaborasi dengan mengguanakan brand ambasador sebagai penarik perhatian produk anda.

Namun anda harus menyesuaikan dengan jenis produk anda. Misalnya anda memiliki produk minuman energi, maka Brand Ambassador untuk produk anda adalah seperti kalangan atlet, atau pekerja konstruksi.

4. Manfaat Produk

Perlu anda ingat tujuan anda membuat produk tersebut, anda membuat produk tersebut pasti memiliki tujuan dan manfaat bagi konsumen anda.

Nah dengan kata lain, maka anda harus bisa menjelaskan tentang manfaat dari produk anda. Dengan itu, anda bisa mendapatkan tempat atau Positioning di ingatan konsumen anda.

5. Jenis dan Kategori Produk

Kunci Utama Keberhasilan Positioning Produk Selanjutnya adalah Kategori Produk. Jika anda memiliki berbagai jenis produk, maka anda harus bisa membagi jenis Produk tersebut berdasarkan kategori dan kegunaan dari Produk.

Hal ini bisa anda terapkan dengan cara, misalkan anda memiliki satu produk yang bagus dalam penjualan. Nah anda bisa menjadikan produk tersebut sebagai leader untuk produk yang lainnya.

6. Berdasarkan Pesaing

Kunci Utama Keberhasilan Positioning Produk yang terakhir adalah Berdasarkan pesaing. Coba anda lihat bagaimana Toyota dan dan Daihatsu bersaing untuk mendapatkan positioning dalam penjualan dan pemasaran.

Dalam startegi ini anda sebagai pemilik Brand produk harus bisa memposisikan produk anda berada di atas pesaing anda. Yang paling efektif untuk mendapatkan posisi tersebut adalah membuat promosi yang menarik.

Dengan begitu anda akan bisa mendapatkan hati pelanggan anda. Dan anda juga harus menjelaskan tentang beberapa point di atas tadi, seperti Keunggulan produk anda, Manfaat serta kualitas dan harga.

Penutup

Membangun Bisnis yang memiliki Prosfek baik tidaklah semudah yang dibayangkan. Pasti ada tahapan dan proses yang harus di jalani dan dilewati.

Anda bisa mencoba menerapkan Kunci Utama Keberhasilan Positioning Produk di atas sebagai acuan untuk meningkatkan penjualan produk anda. Selain itu Strategi Positioning ini sangat efektif untuk di terapkan sebagai metode pemasaran produk.

Terimakasih sudah berkenan berkunjung dan membaca di Pintar Peluang

Tinggalkan komentar