Lima Kunci Sukses Berjualan di e Commerce

Kunci sukses berjualan di e commerce – Ditengah berkembang pesatnya kemajuan Digital saat ini. Menjadikan sitem belanja Online dan layanana pembayaran Online semakin marak dilakukan. Bahkan tak sedikit merchant yang menerapkan Sistem pembayaran yang mudah dengan Uang digital.

Sistem belanja Online, yang dahulu hanya dilakukan untuk beberapa kalangan kelas menengah keatas, sekarang sudah menjadi kebiasaan berbagai lapisan Masyarakat. Trend belanjaa Online kian menjadi dengan hadirnya berbagai situs, Aplikasi, dan Layanan Belanja Online.

Trend e commerce atau transaksi Jual beli yang dilakukan dengan media elektronik, memang terbukti memberikan kemudahan bagi setiap penggunanya. hadirnya istilah e commerce kian meningkat dengan adanya Marketplace yang menawarkan berbagai kebutuhan dalam satu tempat atau yang sering kita sebut dengan Online shop.

Bukan hanya tentang kemudahan transaksi saja, e commerce saat ini juga merupakan suatu wadah promosi yang paling tepat untuk para pebisnis mengembangkan Produk dari Bisnis mereka. Namun untuk dapat menggapai keberhasilan dalam transaksi jual beli di e commerce pebisnis juga perlu menerapkan berbagai strategi dalam penerapannya.

Pada dasarnya, semua aktivitas promosi di media Elektronik memiliki kunci sukses masing-masing. Nah berikut ini Pintar Peluang akan memberikan Lima Kunci Sukses Berjualan di e Commerce. Apa saja kuncinya tersebut?, berikut ulasannya.

Apa Itu e commerce?

Lalu dengan maraknya istilah e commerce dalam beberapa tahun terakhir ini mencuak apa sebernya yang di maksud dengan e commerce.

e sommerce adalah sebuah aktivitas transaksi jual beli yang dilakukan dengan media Elektonik. jika dahulu e commerce lebih kerap terjadi di media elektronik seperti televisi. Namun sekarang e commerce lebih cenderung di lakukan di Internet.

Hal tersebut juga dipengaruhi dengan meningkatnya pengguna peragkat yang mendukung fasilitas Internet yang semakin baik. Namun, terkadang masih sangat banyak yang salah mengartikan tentang e commerce dengan Marketplace.

sebetulnya e commerce dan marketplace merupakan satu media yang sama namun berbeda dalam penggunaanya. jika e commerce merupakan aktivitas transaksi dengan media Elektronik seperti sistem pembayaran yang dilakukan dengan cara digital. Beda lagi dengan Marketplace, Marketplace sendiri merupakan wadah untuk penjual mempromosikan produknya.

Atau bisa dikatakan dengan, penghubung antara penjual dan pembeli. Sedangkan untuk kepentingan pembayarannya akan di atur oleh penyedia Platform yang digunakan. Seperti Tokopedia, Lazzada dan Online Shop lainnya.

Cara Memulai Bisnis e commerce

lima Lima Kunci Sukses Berjualan di e Commerce

Memulai Bisnis e commerce tidaklah sesulit yang dibayangkan. Bahkan anda dapat mulai dengan sangat mudah, hanya saja anda perlu mengetahui cara memulai Bisns e commerce yang ingin anda kembangkan.

Atau, anda bisa mengikuti beberapa langkah berikut untuk mulai menjalankan Bisnis e commerce anda sendiri.

1. Tentuka Produk yang akan di jual

Sama dengan memulai Bisnis lainnya, hal yang pertama harus anda lakukan adalah menentukan jenis Produk apa yang akan anda jual. Ini sangat penting untuk anda membangun Bisnis e commerce di tengah ketatnya pesaingan bisnis digital saat ini.

Pemilihan produk tepat untuk dijual juga merupakan langkah yang tepat untuk Kunci Sukses Berjualan di e Commerce.

2. Lakukan Riset 

Pada lima Kunci Sukses Berjualan di e Commerce berikutnya adalah melakukan Riset ketertarikan produk yang akan anda jual. Mungkin anda akan bertanya, bagaimana cara riset/survei Produk e commerce yang benar?.

Nah karena anda akan mulai berbisnis e commerce, maka anda perlu melakukan Riset produk di Marketplace target anda. anda bisa lihat bagaimana jenis barang yang banyak di minati konsumen di Marketpace.

3. Gunakan Website sendiri untuk Jualan

Selain berjualan di Marketplace atau Online Shop, Kunci Sukses Berjualan di e Commerce adalah berjualan menggunakan Website sendiri. Mengapa demikian?.

Pasalnya, jika anda menggunakan Website sendiri anda dapat melakukan Optimasi web anda sendiri. Lebih menariknya anda dapat menargetkan pangsa pasar anda denga tepat sasaran andan. Lebih leluasa membuat metodep pembayaran anda sendiri.

Baca Juga : Tips Jualan di Marketplace facebook Cepat Laku

4. Tentuka Metode Pembayaran

Karena anda akan menjalankan Bisnis di bidang digital, maka anda harus membuat metode pembayaran yang mudah dan simpel. Bisnis e commerce memang diperuntukkan untuk mempermudahkan metode belanja dan pembayaran.

Anda bisa menggunaka metode pembayaran seperti Via transfer akun virtual, Transfer Uang digital dan transfer antar rekening bank.

5. Promosikan Produk anda di berbagai media 

Promosi adalah Kunci utama Sukses Berjualan di e Commerce. Bukan hanya e commerce saja, bisnis yang lain pun harus melakukan promosi agar bisa Up produk.

Gunakan berbagai media Sosial anda untuk menjadi media promosi produk anda. Lakukan Promosi secara rutin, dan berikan Deskripsi yang lengkap untuk calon pelanggan anda.

Lima Kunci Sukses Berjualan di e commerce

pada Lima Kunci Sukses Berjualan di e Commerce

Pada lima Kunci Sukses Berjualan di e Commerce berikut merupakan cara yang paling tepat untuk mulai berbinis di e commerce.

1. Pelayanan yang Baik

Point utama kunci sukses berjualan di e commerce adalah pelayanan yang baik. Berikan yang terbaik untuk konsumen anda.

Konsumen anda akan datang lagi, lagi dan lagi jika pelayanan yang anda berikan dapat memuaskan kebutuhan mereka.

2. Cepat Respon

Beriktunya yang menjadi Kunci Sukses Berjualan di e Commerce adalah kecepatan Respon anda. Mungkin anda juga akan kesal jika anda ingin bertanya tentang sebuah produk yang anda inginkan namun tidak direspon penjual.

Nah begitupun dengan konsumen e commerce anda. Pelanggan anda akan sangat suka jika anda bisa cepat respon dalam menaggapi pertanyaa mereka. Jadi untuk itu, buatlah Bisnis e commerce anda menjadi bisnis yang banyak di sukai customer anda dengan pelayanan respon cepat.

3. Berikan Diskon dan Penawaran yang Menarik

Orang akan membeli sebuah produk jika yang di tawarkan ke mereka menarik. Salah satu strategi penjualan produk yang tepat adalah penawaran yang menarik.

Anda akan mendapatkan banyak interaksi pelanggan jika anda mampu memberikan penawaran yang tepat. Selain itu anda bisa mengiklankan produk anda untuk meluaskan penawaran produk anda.

Sesekali berikan Diskon ke pelanggan setia anda.Atau berikan promosi jika mereka membeli item tertentu atau dengan kuantiti tertentu. Ini akan menjadi ciri khas dan keunggulan dari bisnis e commerce anda.

Baca Juga : Kesalahan Utama Dalam Memulai Bisnis e commerce

4. Harga yang Kompetitif

Berjualan di e commerce tidaklah mudah. terdapat ribuan penjual di internet dan semua adalah pesaing anda dalam Bisnis e commerce. Lalu bagaimana agar anda dapat bersaing dengan mereka?.

Caranya adalah membuat harga yang kompetitif, jangan menjual produk yang sama dengan harga yang lebih dari kompetitor anda. Maka anda mampu bersaing denga mereka.

5. Menawarkan Berbagai Produk yang berkualitas

Kunci Sukses Berjualan di e Commerce terakhir adalah dengan memberikan Produk yang berkualitas. Orang mencari produk yang mereka inginkan dengan kualitas yang baik.

Keuntungan e commerce

Lalu mengapa orang banyak yang berlomba-lomba membangun Bisnis e commerce?. Apa saja keuntungan yang akan di peroleh dari Bisnsi e commerce?. Berikut adalah beberapa keuntungan dari menjalankan Bisnis e commerce:

  1. Jangkauan yang sangat luas
  2. Minim Biaya
  3. Sitem Bisnis yang mudah
  4. Pemasaran Produk lebih tepat
  5. Tidak ada batasan Geografis daerah, hujan badai, topan gempa. hihi
  6. Mudah mendatangkan pembeli
  7. Tidak banyak memakan waktu
  8. Komunikasi Bisnis yang mudah dan lancar
  9. Selalu buka 
  10. Tidak ada batasan 

Penutup

Jika anda sedang membangun Bisni e commerce, anda bisa mencoba beberapa cara Kunci Sukses Berjualan di e Commerce diatas sebagai metode menjalankan Bisnis anda.

Yang terpenti adalah anda harus tetap konsisten dalam membangun Bisnis e commerce anda. Tetap sabar dan berproses dalam membangunnya.

Terimakasih sudah berkenan mengunjungi dan membaca di Pintar Peluang

Tinggalkan komentar