Mengenal Suku Kubu Berasal Dari Jambi

Salah satu keunikan indonesia adalah dengan Beragamnya Budaya dan Suku yang ada di Tanah Air ini. Begitupun dengan Suku-sukunya yang bemacam-macam. Suku Kubu?. Pernah mendengar nama Suku yang satu ini?. Lalu Suku Kubu berasal dari mana?.

Suku Kubu adalah suku yang biasanya mendiami di daerah terpencil atau pedalam. Suku Kubu juga biasanya menolak dengan kemajuan teknologi seperti saat ini. Namun ini bukan karena tanpa alasan.

Tujuan dari hal semacam ini adalah untuk mempertahankan Budaya yang sudah mereka jaga selam ber-Abad-Abad.

pada artikel kali ini Pintar Peluang akan membahas mengenai asal Suku Kubu dan beberapa hal yang menyangkut dengan Suku tersebut. Berikut Ulasannya.

Asal Suku Kubu

suku anak dalam dri jambi
Potret Suku Kubu Atau Suku Anak Dalam sekitar tahun 1930an- Sumber Gambar Wikipedia

Suku Kubu atau yang lebih di Kenal dengan Suku Anak Dalam ini sebenarnya berasal dari Provinsi Jambi. Meskipun halayak luas menyebutnya dengan Suku Kubu, Namun perlu di catat bahwa mereka tidak ingin di katakan Kubu.

Suku Kubu atau Suku Anak dalam sebagian besar mendiami di pedalaman Hutan yang ada di Provinsi Jambi. Tepatnya di Sepanjang jalur Bukit Barisan hingga Taman Nasional Bukit Dua Belas.

Menurut Wikipedia Suku Kubu atau Suku Anak Dalam Berasal Dari Orang Malau yang lari kehutan di sekitaran Air Hitam, Taman Nasional Bukit Dua Belas. Kemudian Orang ini di namakan dengan Moyang Segayo

Secara garis besar mereka hidup di Tiga wilayah ekologis yang berbeda,

  • seperti di utara Provinsi Jambi yang berada di Taman Nasional Bukit 30.
  • Taman Nasional Bukit Dua Belas
  • Wiilayah selatan Provinsi Jambi
  • Dan Sepanjang jalur Lintas Sumatera

Kebiasaan Suku Anak Dalam

Suku Anak Dalam memiliki kebiasaan hidup yang berpindah-pindah, atau yang lebih di kenal dengan Nomaden.

Kebiasaan ini sering suku Anak Dalam namai dengan Melangun. Kebiasaan ini juga di karenakan beberapa faktor, Seperti:

  • Angota Keluarga ada yang meninggal Dunia
  • Hasil Hutan yang habis
  • Ancaman Dari Luar
  • Bahkan karena adanya Musiman makanan, Seperti musim buah dan sebagainya

Kebiasaan ini sudah ada sejak zaman nenek moyang mereka, hingga saat ini. Ini kemungkinan bertujuan dengan cara hidup mereka yang berantung pada Hutan.

Suku Anak Dalam juga bisa di katakan suku penjaga hutan di Jambi. Sebab merekalah yang benar benar menjaga serta memanfaatkan hutan tanpa merusaknya.

Karena mereka sadar, mereka hidup dari hasil hutan, sehingga merekalah yang harus menjaga hutan.

Kepercayaan Suku Anak Dalam

Suku Anak Dalam atau orang-orang menamainya dengan Suku Kubu masih memeluk keyakinan Aninisme. Namun meskipun begitu ada beberapa keluarga yang sudah memeluk agama Islam dan Kristen sebagai kepercayaan mereka.

Tetapi tetap saja, untuk suku yang masih berada di pedalaman Hutan rimba, mayoritasnya masih menganut kepercayaan Aninisme.

Penutup

Bagaimana, sudah tahu kan suku Kubu berasal dari mana?. Oh iya ini menjadi point penting dan perlu di Ingat.Menurut warga dan temen Mimin yang ada di Jambi. Mereka (Suku Kubu) tidak mau jika di katakan Suku Kubu.

Jadi Mereka adalah Suku Anak Dalam atau biasa di panggil dengan Orang Rimba. Karena menurut mereka, menamai dengan sebutan Kubu terlalu kasar.

Jadi dengan begitu, kita bisa menghargai mereka dan kebiasaan mereka. Merekalah yang sebenarnya benar-benar menjaga Hutan. Dan menjaga ekosistem hutan dengan cara mereka. Mereka tak pernah merusak Hutan seperti Orang-orang yang mementingkan urusan Pribadi mereka.

Demikianlah Artikel Singkat Tentang Suku Anak Dalam ini, dengan Judul Mengenal Suku Kubu Berasal Dari Jambi. Semoga bisa membantu sedikit tentang Suku Anak Dalam ini

terimakasih Sudah Berkenan Berkunjung dan Membaca di Pintar Peluang

Tinggalkan komentar