Pengenalan dashboard Backoffice Moka Pos untuk bisnis anda

Photo of author

Pintar Peluang

Backoffice Moka Pos adalah sebuah sistem manajemen bisnis yang membantu para pemilik usaha dalam mengelola outlet mereka dengan lebih efektif. Salah satu fitur terbaik dari Moka Backoffice adalah dashboard yang menampilkan informasi penting tentang performa bisnis Anda secara real-time.

Dashboard Moka Backoffice merupakan tampilan utama dari akun Moka Backoffice Anda, yang menyediakan informasi penting dan dapat diakses dengan mudah. Dashboard memungkinkan pengguna untuk melihat kondisi bisnis mereka dalam waktu sebenarnya, misalnya penjualan harian, stok barang, tingkat keuntungan, dan lain-lain.

Fungsi dan Manfaat Dashboard Backoffice Moka Pos

Fungsi utama dari Dashboard Moka Backoffice adalah memberikan pemilik usaha akses ke data bisnis mereka secara real-time sehingga mereka dapat membuat keputusan yang cepat dan tepat. Dengan demikian, pengguna dapat memantau kinerja outlet mereka setiap saat tanpa perlu menunggu laporan bulanan atau mingguan.

Manfaat menggunakan dashboard meliputi:

  • Memudahkan pemilik usaha untuk melacak penjualan harian, mingguan, bulanan atau tahunan.
  • Membantu membandingkan kinerja outlet berdasarkan waktu tertentu.
  • Menyediakan ringkasan stok barang yang tersedia dan habis terjual.
  • Membantu pemilik usaha dalam pemantauan kinerja produk atau kategori produk tertentu.

Baca Juga: Yuk, Kenal Lebih Dekat dengan Aplikasi Kasir Moka!

Dashboard Moka Backoffice dapat membantu pengguna mengambil keputusan bisnis yang lebih baik dan meningkatkan kinerja outlet mereka dengan memberikan informasi real-time yang akurat. Dalam bagian berikutnya, kita akan melihat fitur-fitur penting dari dashboard Moka Backoffice yang dapat membantu pengguna dalam memantau kinerja bisnis mereka secara lebih rinci dan efektif.

Fitur Dashboard Backoffice Moka Pos

Ringkasan data penjualan harian, mingguan, bulanan, dan tahunan

Dashboard Moka Backoffice memberikan ringkasan data penjualan yang sangat detail dan terstruktur dalam bentuk grafik. Anda bisa melihat data penjualan harian, mingguan, bulanan dan bahkan tahunan secara langsung pada dashboard.

Grafik ini menunjukkan total penjualan berdasarkan waktu tertentu untuk membantu anda memantau kinerja outlet anda secara real-time. Dengan adanya fitur ini maka anda tak perlu lagi menghitung dengan manual setiap kali ingin mengetahui performa outlet anda.

Terlebih lagi, grafik tersebut menyediakan sebuah visualisasi yang dapat memudahkan Anda dalam memonitoring perkembangan bisnis Anda. Data yang ditampilkan pada grafik ini dapat diakses pula oleh seluruh karyawan Anda yang memiliki akses ke dashboard Moka Backoffice sehingga mereka bisa mengetahui performa outlet secara akurat.

Baca Juga: 8 Aplikasi POS Terbaik di Indonesia yang Wajib Dicoba untuk Meningkatkan Efisiensi Bisnismu

Grafik penjualan berdasarkan produk atau kategori produk

Fitur lainnya pada dashboard Moka Backoffice adalah adanya grafik penjualan berdasarkan produk atau kategori produk. Grafik ini akan membantu anda dalam mengidentifikasi tren penjualan suatu produk atau bahkan kategori produk tertentu sehingga anda dapat membuat keputusan bisnis lebih tepat.

Dalam dunia bisnis apapun itu, pengambilan keputusan adalah hal yang sangat penting untuk kesuksesan suatu usaha. Oleh karena itu, fitur ini sangat berguna bagi para pemilik usaha untuk mencari tahu apa saja produk yang laku terjual dan mana yang masih kurang diminati oleh pelanggan.

Laporan stok barang yang tersedia dan habis terjual

Fitur lain dari dashboard Moka Backoffice adalah laporan stok barang. Dengan adanya fitur ini, anda bisa mengetahui dengan tepat kapan saatnya melakukan restock terhadap barang yang habis. Laporan stok yang terstruktur juga membantu anda mengoptimalkan pengelolaan persediaan barang di toko Anda sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang kehabisan stok barang untuk pelanggan Anda.

Dalam bisnis apapun, pengelolaan persediaan atau inventory management merupakan hal yang sangat penting. Sekali lagi, dashboard Moka Backoffice memudahkan para pemilik usaha dalam memperoleh informasi secara real-time dan akurat mengenai informasi inventory, baik dalam hal pergerakan maupun tingkat ketersediaannya.

Cara Mengakses Dashboard Backoffice Moka Pos

Login ke Akun Moka Backoffice

Sebelum dapat mengakses dashboard Moka Backoffice, pastikan Anda telah melakukan login terlebih dahulu ke akun Moka Backoffice Anda. Untuk login, buka halaman login pada situs web resmi dari Moka.

Masukkan alamat email dan password yang telah didaftarkan sebelumnya. Jika Anda lupa password, gunakan opsi “Lupa Password” dan ikuti petunjuk untuk me-reset password Anda.

Setelah berhasil masuk ke dalam akun Moka Backoffice, sistem akan membuka halaman utama yang menampilkan menu-menu utama yang tersedia untuk digunakan oleh pengguna. Pastikan bahwa Anda memiliki izin akses untuk mengakses dashboard sehingga dapat melihat menu Dashboard pada tampilan utama.

Memilih Menu Dashboard pada Tampilan Utama

Untuk mengakses dashboard di dalam akun Backoffice Moka Pos, klik menu “Dashboard” yang ada di antara daftar opsi-opsi lainnya seperti “Penjualan,” “Stok Barang,” dan “Karyawan.” Setelah memilih menu Dashboard, sistem akan membuka laman baru dengan tampilan ringkasan data penjualan harian, mingguan, bulanan, dan tahunan. Pada bagian atas laman dashboard tersebut terdapat tombol-tombol pemilihan range waktu tertentu seperti harian, mingguan atau bulanan sehingga memudahkan pengguna untuk mengevaluasi kinerja outlet pada periode waktu tertentu.

Selain itu terdapat juga beberapa opsi filter berdasarkan jenis produk ataupun kategori produk. Dari sini, pengguna dapat melihat informasi terkini mengenai performa outlet dalam bentuk grafik dan tabel yang mudah dipahami.

Selain itu, pengguna dapat dengan cepat melacak stok barang yang tersedia atau habis terjual di outlet-outlet yang dimiliki. Semua informasi ini dapat membantu pengguna untuk memastikan bahwa bisnisnya berjalan dengan lancar dan memberikan keuntungan bagi bisnisnya secara keseluruhan.

Overall, dashboard Moka Backoffice adalah sebuah alat penting bagi para pemilik bisnis untuk memantau kinerja outlet-outlet mereka secara real-time. Dengan akses ke berbagai macam data dan laporan lengkap, mereka dapat mengambil keputusan bisnis yang lebih akurat dan tepat waktu.

Keuntungan Menggunakan Dashboard Moka Backoffice

Memudahkan pengelolaan bisnis secara real-time

Dashboard Moka Backoffice adalah alat yang sangat membantu dalam mengelola bisnis secara real-time. Dengan menggunakan dashboard, pemilik bisnis dapat melihat informasi terkini tentang penjualan, stok barang, dan performa toko secara instan. Hal ini memungkinkan pemilik bisnis untuk mengetahui kondisi bisnisnya dan mengambil tindakan yang diperlukan dengan cepat.

Selain itu, dashboard Moka Backoffice juga dilengkapi dengan fitur notifikasi otomatis yang memberikan informasi penting pada waktu yang tepat. Sebagai contoh, ketika stok barang hampir habis atau penjualan turun drastis pada hari tertentu, sistem akan memberikan notifikasi kepada pemilik bisnis agar bisa segera mengambil tindakan.

Mengetahui performa outlet secara detail dan akurat

Salah satu keuntungan terbesar dari menggunakan dashboard Moka Backoffice adalah kemampuannya untuk memberikan insight detail mengenai performa outlet secara akurat. Pemilik bisnis dapat melihat informasi berupa data penjualan harian, mingguan, bulanan, dan tahunan dari setiap outlet atau toko mereka. Selain itu, dashboard juga menyajikan informasi grafik penjualan berdasarkan produk atau kategori produk sehingga memudahkan pemiliki warung untuk mengetahui produk apa saja yang laku dijual di toko mereka atau produk mana yang perlu dipromosikan lebih efektif.

Mempercepat pengambilan keputusan bisnis yang tepat

Dashboard Moka Backoffice memungkinkan pemilik bisnis untuk melihat informasi secara akurat dan detail mengenai performa outlet mereka. Dari sini, mereka dapat melihat tren penjualan, produk mana yang paling laku dijual, atau waktu-waktu tertentu di mana penjualan cenderung meningkat atau menurun.

Dengan menggunakan informasi ini, pemilik bisnis dapat membuat keputusan bisnis yang lebih tepat dan efektif. Sebagai contoh, ketika melihat bahwa stok barang hampir habis pada akhir pekan tertentu di outlet tertentu, pemilik bisnis dapat mengambil tindakan untuk menambah stok dan memastikan bahwa toko tersebut siap menghadapi lonjakan kunjungan pelanggan di akhir pekan berikutnya.

Overall, penggunaan dashboard Moka Backoffice memberikan banyak keuntungan bagi pemiliki warung atau bisnis kecil lainnya. Dengan fitur-fitur lengkapnya, dashboard Moka Backoffice dapat digunakan sebagai alat bantu manajemen yang sangat berguna bagi para pelaku usaha dalam mengelola toko atau outlet mereka dengan baik.

Tips Mengoptimalkan Penggunaan Dashboard Moka Backoffice

Melakukan Update Data Secara Berkala untuk Mendapatkan Informasi yang Akurat

Untuk memastikan bahwa informasi yang ditampilkan di dashboard Moka Backoffice akurat dan terbaru, pastikan untuk melakukan update data secara berkala. Hal ini sangat penting terutama jika bisnis Anda memiliki banyak gerai atau outlet, karena informasi stok produk, penjualan harian, dan performa outlet dapat berubah setiap saat.

Dengan melakukan update data secara rutin, Anda akan mendapatkan informasi yang lebih akurat dan up-to-date untuk digunakan dalam pengambilan keputusan bisnis. Selain itu, pastikan bahwa data yang dimasukkan ke dalam sistem adalah benar dan lengkap.

Salah satu cara memastikan hal ini adalah dengan mengajarkan kepada karyawan Anda tentang pentingnya memasukkan data dengan benar dan memberikan pelatihan jika diperlukan. Dengan demikian, Anda akan memiliki basis data yang lengkap serta akurat.

Membandingkan Data dari Periode Sebelumnya untuk Mengetahui

Salah satu keuntungan menggunakan dashboard Moka Backoffice adalah kemampuannya untuk menampilkan laporan penjualan harian, mingguan, bulanan, dan tahunan. Namun tidak hanya menampilkan laporan tersebut saja tetapi juga dapat membandingkannya dengan periode sebelumnya agar bisa mendapatkan insight atau wawasan lebih lanjut mengenai performa toko selama periode tertentu.

Dengan membandingkan laporan dari periode sebelumnya maka Anda dapat melihat tren penjualan dari waktu ke waktu serta mengidentifikasi potensi masalah atau peluang bisnis yang dapat Anda manfaatkan. Hal ini sangat penting untuk memastikan bahwa Anda selalu mengambil keputusan bisnis yang tepat dan efektif.

Kesimpulan

Dalam era digital seperti sekarang, penggunaan teknologi sudah menjadi suatu hal yang tidak dapat dihindari dalam berbagai aspek kehidupan termasuk dalam mengelola bisnis. Dengan menggunakan dashboard Moka Backoffice, para pelaku usaha dapat memantau dan mengevaluasi kinerja bisnis mereka dengan lebih mudah dan akurat.

Namun, perlu diingat bahwa penggunaan teknologi hanya akan efektif jika dilakukan secara optimal. Oleh karena itu, pastikan untuk melakukan update data secara berkala serta membandingkan data dari periode sebelumnya agar Anda bisa mendapatkan wawasan lebih lanjut tentang performa outlet Anda.

Install Aplikasi Kasir Pintar di Android

Menikmati Sensasi Bermain Air yang Tak Terlupakan di Waterboom Bandung