Penyebab Transfer Pending yang Perlu Diketahui

Photo of author

Pintar Peluang

Penyebab Transfer Pending – Sering mengalami masalah transfer di perbankan? Mungkin Anda harus mengetahui faktor apa saja yang menjadi penyebab transfer pending.

Pasalnya, jika Anda kurang memahami apa saja pemicu ketertundaan pengiriman uang, maka seringkali perasaan khawatir dan panik mendominasi.

Selain itu, dengan mengetahui apa saja penyebab transfer pending Anda akan lebih mudah mencari solusi. Sehingga, permasalahan serupa dapat segera teratasi meskipun hanya beberapa kali terjadi.

Nah, untuk anda yang mungkin pernah mengalami status transfer yang pending. Berikut Pintar Peluang akan menjelaskan apa saja sih yang menjadi penyebab transfer pending pada saat transaksi.

Ketahui Faktor Apa Saja yang Menjadi Penyebab Transfer Pending

Jika Anda pernah mengalami permasalahan serupa dan membuat panik karena proses transfer tidak segera terkirim. Pastikan menyimak apa saja penyebab yang mengakibatkan proses kirim tidak segera berhasil, berikut ini :

1. Gangguan Sistem

Faktor pertama yang sangat mungkin terjadi apabila Anda mengalami permasalahan pengiriman adalah adanya gangguan pada sistem atau server bank.

Selain itu, kendala ini juga bisa di sebabkan oleh sistem mesin ATM yang rusak.
Sehingga, jaringan pada mesin menjadi terganggu.

Hal tersebut tentu mengakibatkan proses transaksi yang seharusnya berjalan dengan mudah dan benar menjadi terhambat.

Baca Juga : Cara Mengatasi Transfer Berhasil Tapi Uang Belum Masuk

2. Penyebab Transfer Pending Karena Ketersediaan Saldo Kurang

Berikutnya, penyebab transfer pending bisa juga terjadi karena saldo yang di miliki kurang. Sehingga, Anda tidak bisa memproses pengiriman sesuai dengan nominal yang diinginkan.

Hal ini dikarenakan beberapa pihak bank memiliki ketentuan minimal saldo yang harus menetap di ATM.
Mengatasi hal ini, sebaiknya Anda lakukan pengecekan terlebih dahulu terkait keberadaan saldo sebelum memproses pengiriman.

Selain itu, cek apakah rekening bank yang Anda kirim sama dengan ATM Anda atau tidak. Jika tidak, maka Anda wajib membayar biaya admin sebesar Rp. 6.500 untuk transfer antar bank.

3. Nomor Rekening yang Dimasukkan Salah

Penyebab transfer pending lainnya adalah kurangnya ketelitian nasabah dalam menuliskan nomor rekening penerima.

Sebab, kesalahan ketik nomor rekening juga menjadi salah satu alasan mengapa uang yang Anda kirim tidak dapat masuk.

Secara umum, nomor rekening memiliki jumlah digit sebanyak 8 hingga 12 angka. Di mana, jika tidak teliti Anda bisa saja salah dalam menuliskannya. Sebab, bisa saja kesalahan angka yang di masukkan, akan mengirimkan transferan pada rekening pihak lain.

Baca Juga : Penyebab Kenapa No Rekening Tidak Bisa Menerima Transfer

4. Penulisan Kode Bank Kurang Tepat

Saat melakukan transfer uang melalui ATM ataupun mbanking. Anda harus melakukan cek kode bank terlebih dahulu pada bagian kanan bawah.

Tujuannya, untuk mengetahui batasan digit yang harus di cantumkan saat transfer berlangsung.

Masing-masing bank, memiliki kode tersendiri. Sehingga, ketika Anda salah memasukkan kode bank maka hal ini menjadi salah satu penyebab transfer pending. Sebab, tujuan yang di maksud tidak tersampaikan dengan tepat.

5. Proses Transaksi Melampaui Batas Harian

Apakah Anda sering melakukan transaksi transfer berkali-kali? Jika iya, maka kasus tersebut juga bisa menjadi salah satu kendala pengiriman. Sebab, dalam satu hari terdapat batas minimum bagi nasabah untuk melakukan proses transfer.

Untuk mengatasi permasalahan ini, Anda bisa menanyakan langsung kepada customer service dari bank. Sebab, tiap-tiap perbankan memiliki aturan pembatasan sendiri-sendiri.

6. Penyebab Transfer Pending Bisa Terjadi Karena Detail Pembayaran Salah

Meskipun sudah meneliti proses transfer secara cermat, bukan tidak mungkin Anda tetap melakukan kesalahan. Seperti ketika memasukkan detail pembayaran yang salah sehingga terjadi penundaan transaksi.

Dalam kasus ini, rincian pembayaran yang kurang tepat, akan membuat pengecekan berlangsung lebih lama. Sehingga, untuk mengatasi permasalahan ini pastikan Anda memastikan terlebih dahulu sebelum klik icon transfer.

Pemeriksaan meliputi nama, nomor rekening, hingga nominal pembayaran agar penyebab transfer pending dapat teratasi dengan baik.

Baca Juga : Berapa Lama Transfer Uang dari Luar Negeri ke Bank BRI? ini Penjelasannya

Penutup 

Nah, dari beberapa kejadian yang sering menjadi Penyebab Tranfer Pending adalah seperti beberapa faktor yang ada di atas.

Pada dasarnya sistem transfer yang dilakukan pun menggunakan jaringan. Maka dari itu, tidak menutup kemungkinan adanya gangguan seperti hal tersebut.

Terimakasih sudah berkenan berkunjung dan membaca di Pintar Peluang

Cara Beli Koin Tiktok Pakai Gopay

Tips Memilih Modem MiFi All Operator yang Bagus