Bagaimana Prosedur Melakukan Kredit Mobil? Simak Disini

Photo of author

Pintar Peluang

Prosedur Melakukan Kredit Mobil – Sekarang ini mobil seakan sudah menjadi solusi dari kebutuhan mobilitas manusia modern sehari-hari. Dengan mempunyai mobil, tentu saja fleksibilitas dan juga mobilitas bisa terjamin dengan aman. Nah kali ini kita akan membahas tentang bagaimana tata cara melakukan kredit mobil.

Mulai dari mengajukan, mempersiapkan persyaratan dan sebagainya. Semuanya akan kita bahas secara tuntas dalam postingan kali ini. Sebab membeli kendaraan secara kredit sekarang ini menjadi salah satu solusi untuk semua orang yang ingin memiliki kendaraan namun memiliki keterbatasan biaya untuk membeli mobil secara cash.

Nah untuk anda yang sedang mencari bagaimana sih tata cara melakukan kredit, ini dia proses simulasi kredit mobil yang harus anda perhatikan mulai dari awal sampai selesai.

Mekanisme Melakukan Kredit Mobil Dari Awal Sampai Akhir

Pastikan sebelum memutuskan untuk kredit mobil, anda harus tahu dan melakukan simulasi kredit terlebih dahulu. Sebab dari melakukan simulasi kredit ini, anda jadi tahu berapa anggaran yang dibutuhkan untuk melakukan kredit kendaraan.

Namun tentang saja, anda bisa menggunakan aplikasi simulasi kredit mobil dari Suzuki untuk membantu anda dalam menghitung dan juga kalkulasi biaya kredit mobil yang dibutuhkan untuk membeli mobil.

Jika anda sudah melakukan simulasi kredit dan sudah menentukan mobil apa yang akan anda beli. Berikut dibawah ini adalah tata cara bagaimana melakukan simulasi kredit yang harus anda perhatikan.

Mengunjungi Dealer Resmi

Prosedur Kredit Mobil
Prosedur Kredit Mobil

Langkah pertama adalah anda harus menghubungi atau mengunjungi dealer resmi terdekat. Dimana dengan mengunjungi dealer resmi tentu saja anda bisa terhindar dari penipuan dan hal-hal yang tidak diinginkan.

Selain itu, memilih dealer resmi juga bisa membantu anda untuk mengetahui promo-promo resmi dari produsen resmi kendaraan mobil yang akan anda beli tersebut. Nah nantinya dealer resmi akan menjadi jembatan untuk anda dengan leasing dan menentukan kredit yang anda inginkan.

Karena di awal tadi anda sudah melakukan simulasi kredit terlebih dulu, pastikan biaya kredit dan angsuran yang anda keluarkan tidak melenceng jauh dari perkiraan di aplikasi simulasi kredit.

Namun untuk anda yang menggunakan aplikasi simulasi kredit dari Suzuki, dan mengunjungi dealer resmi Suzuki, tentu saja rincian biaya kredit yang akan anda keluarkan tidak akan melenceng jauh dari perkiraan berdasarkan aplikasi simulasi kredit tersebut.

Baca Juga : 3+ Cara Menjadi Agen Asuransi Prudential Beserta Syaratnya

Melengkapi Dokumen

Selanjutnya setelah mengunjungi dealer resmi, anda harus melengkapi dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk meneruskan ke proses transaksi kredit. Nah beberapa dokumen yang dibutuhkan adalah seperti berikut :

  • KTP
  • Slip Gaji.
  • KK
  • Bukti PBB (Pajak Bumi Bangunan).
  • Tagihan Kartu Kredit 3 Bulan Terakhir.
  • Akta Perusahaan (Jika Punya)
  • Keterangan Izin praktik (Jika Punya).
  • NPWP

Melakukan Pengajuan Kredit

Langkah berikutnya setelah semua persyaratan dokumen kredit sudah anda siapkan dan lengkapi, kini anda akan lanjut ke tahap pengajuan kredit. Untuk lama dari persetujuan kredit ini tentu saja sangat bervariasi, ada yang dalam hitungan jam, hari atau bahkan bisa berminggu-minggu.

Untuk anda yang memiliki dokumen-dokumen pendukung seperti tagihan kartu kredit dan sebagainya, tentu saja proses pengajuan kredit akan berjalan dengan mudah dan cepat. Setelah pihak leasing melakukan penilaian dan juga verifikasi nantinya anda akan dihubungi secara resmi.

Jadi bersiap-siaplah jika ada panggilan telepon atau pesan masuk karena pihak leasing akan menghubungi anda dalam waktu dekat guna mengkonfirmasi pengajuan kredit mobil yang anda lakukan tersebut.

Baca Juga : Pengertian Churning Dalam Asuransi

Membayar Uang Muka

Terakhir, setelah pengajuan kredit disetujui oleh pihak leasing anda harus membayar DP atau uang muka yang sudah ditentukan sebelumnya. Jadi pastikan anda juga harus mempersiapkan uang muka yang sudah anda setujui sebelumnya.

Jika sudah, anda hanya perlu menunggu unit kendaraan dikirimkan ke alamat rumah atau kantor anda.

Namun ingat, bahwa proses kredit belum sepenuhnya selesai karena anda harus membayar angsuran kredit mobil setiap bulannya sesuai dengan angsuran yang sudah ditentukan sebelumnya.

Nah itulah bagaimana prosedur melakukan kredit mobil yang harus anda ketahui jika ingin melakukan kredit mobil.

Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan membantu anda yang sedang ingin mengajukan kredit kendaraan, terutama mobil.

Tren Bulan Tiktok, Begini Cara Membuat Moon Phase Agar Menarik

Cara TF Gopay ke ShopeePay Paling Mudah

Leave a Comment