8 Proses Riset Pemasaran Terpenting yang Harus di Lakukan

Proses Riset Pemasaran – Membangun sebuah Bisnis memang tidaklah semudah yang di lihat. Bisnis yang baik harus mampu melewati berbagai tahapan, agar Bisnis nantinya mampu bersaing dengan Kompetitor. Riset Pemasaran atau Marketing Research Merupakn salah satu Proses yang harus dilakukan oleh pebisnis.

Hingga saat ini, Riset Pasar atau Riset Pemasaran adalah suatu Tahapan yang sangat penting untuk dilakukan sebagai tahapan persiapan peluncuran Produk. Seberapa penting pebisnis harus melakukan Riset Pemasaran?.

Analisis sederhana tentang pentingnya proses Riset Pasar adalah sebagai tolak ukur tentang produk yang akan menjadi senjata utama berkembangnya Bisnis.

Dalam melakukan Riset Pasar pun juga memiliki struktur atau langkah yang perlu di perhartikan dalam setiap menjalankannya. Apa saja langkah-langkah dalam proses Riset Pemasaran?

Berikut Pintar Peluang Sudah membuat langkah dalam melakukan RIset Pemasaran berdasarkan Point-point penting yang perlu di perhatikan. Apa saja proses serta langkahnya?, Simak ulasannya berikut.

Pentingnya Melakukan Proses Riset Pemasaran

Lalu seberapa Penting kah seorang pebisnis atau produsen produk untuk melakukan Tahapan Riset pemasaran ini?.

Seperti singgungan di atas tadi, setiap pebisnis sangat wajib melakukan tahapan langkah Riset. Mengapa demikian?.

Dengan melakukan riset pebisnis akan mengetahui seberapa besar minat seorang konsumen terhadap suatu produk yang akan di luncurkan.

Proses Riset Pemasaran begitu penting terhadap manajemen perusahaan. Dengan adanya data-data dari riset pemasaran, maka akan bisa menjadi sebuah acuan perusaan untuk merencanakan sebuah strategi baru.

Dalam tahapan ini juga perusahaan atau pebisnis dapat membuat terobosan inovasi berdasarkan data yang di Peroleh dari hasil Riset Pemasaran.

Tujuan Melakukan Riset Pemasaran

Sebenarnya tujuan uatam dari melakukan proses riset pemasaran adalah untuk meningkatkan penjualan produk. Namun lebih dari itu tujuan dari melakukan riset pemasaran adalah sebagai penyajian suatu produk terhadap konsumen agar bisa membangun nilai suatu produk ke pelanggan.

Jika di lebih luaskan lagi adalah sebagai tolak ukur tentang perkembangan serta meningkatkan penjualan produk sebagai acuan untuk mendongkrak kemajuan dan meningkatkan permintaan produksi.

Proses Riset Pemasaran

8 langkah Proses Riset Pemasaran

Nah masuk pada intinya, apa saja sih yang harus di lakukan pebisnis untuk mulai action riset pemasaran.

Dalam sebuah alur atau langkah, berikut adalah proses riset pemasaran yang harus di lakukan oleh pebisnis untuk dapat meningkatkan sales produk.

1. Sasaran Riset 

Proses Riset Pemasaran yang utama adalah sasaran yang menjadi Target Riset. Dalam sebuah studi pemasaran, target menjadi satu elemen yang penting  untuk di tentukan sebagai sasaran pasar.

Anda bisa menentukan Sasaran Riset Pemasaran anda sesuai dengan produk yang akan anda produksi. Misalkan anda memutusakan untuk memproduksi produk jenis Kesehatan. Maka otomatis anda akan menargetkan pasaran anda adalah masyarakat yang mempunyai tingkat kesahatan yang rendah.

Dalam menentukan sasaran ada beberapa faktor yang bisa anda jadikan sebagai metode dalam melakukan Riset. Seperti, Demografi wilayah, Tingkat ekonomi, ketertarikan dan perilaku dari sasaran.

2. Mengembangkan Rencana Riset

Setelah anda mendapatkan sasaran yang tepat untuk anda jadikan target pemasaran anda. Berikutnya anda perlu mengembangkan rencana Riset anda untuk menjadi agenda Action dalam pengembangan Rencana Riset.

Dalam poin ini anda akan mengatur strategi untuk mulai menjalankan riset dan beberapa hal pendukung untuk menjalankan Riset. Seperti data target dan keperluan yang menunjang aksi dalam riset pemasaran.

3. Pengumpulan Informasi data Primer

Langkah berikutnya dalam proses Riset pemasaran adalah mulai mengumpulkan data primer. Apa itu data primer dalam riset pemasaran?.

Data Primer adalah jumlah atau data orang yang memiliki ketertarikan dalam satu produk yang menjadi materi riset pemasaran anda. Misal anda melakukan riset tentang ketertarikan terhadap produk sepatu. Maka anda akan mengumpulkan seberapa besar ketertarikan pasar terhadap sepatu yang anda produksi. Ini dinamakan dengan riset data Primer.

4. Rencanakan Mengumpulkan Data Sekunder

Setelah anda mendapatkan data Primer berikutnya anda mulai mengumpulkan data sekunder dalam proses riset pemasaran.

Riset data sekunder adalah tahapan pengolahan data riset yang sedang berjalan. Misalkan seperti riset produk sepatu tadi. Nah dalam tahapan ini anda bisa menambahkan metode pengembangan di dalamnya.

5. Pengambilan Sampel 

Proses Riset Pemasaran berikutnya adalah pengambilan sample Riset yang di lakukan. Tahapan ini setelah anda mendapatkan data riset. Kemudian mengambil sample hasil riset untuk di lakukan analisis terhadap sampel yang sudah di ambil dari Riset.

6. Analisis dan Pengolahan Data

Selanjutnya setelah anda mengambil sample Riset, mulailah melakukan analisis terhadap data yang anda kumpulkan selama proses riset pemasaran.

Kemudian data tersebut di olah dengan tujuan melihat perkembangan dan peluang yang bisa anda dapatkan dari proses Riset Pemasaran yang anda lakukan.

7. Menyajikan Data Riset

Tahapan ini merupakan pra akhir dari proese Riset pemasaran. Dalam poin ini anda melakukan bentuk penyajian data dari hasil riset pemasaran yang anda lakukan.

Menyajikan Data Riset untuk prose melaporkan hasil riset. Bisa dalam bentuk data statistik atau data yang memuat hasil temuan dalam riset. Kemudian menjadikannya dalam bentuk rangkuman untuk mempermudahkan dalam proses laporan Hasil Temuan (Riset).

8. Laporan Hasil Temuan (Riset)

Laporan Hasil Temuan (Riset) adalah poin terakhir dalam melakukan Proses Riset Pemasaran. Dalam tahapan ini anda menyajikan semua hasil temuan data riset anda dalam bentuk laporan yang mutlak dan kongkrit sebagai pedoman untuk melakukan produksi, Strategi dan Aksi untuk pemasaran.

Dalam Laporan ini juga anda bisa melakukan Evaluating, Understanding, dan Fungsi. Nah dengan demikian maka anda bisa mendapatkan Hasil Riset Pemasaran yang seusai dengan tujuan anda melakukan Riset.

Dari hasil laporan juga akan sangat berguna untuk anda mengembangkan Penjualan produk yang anda produksi. Namun anda haruslah melakukan Riset pemasaran anda dengan benar dan berdasarkan data yang kongkrit anda temukan di pasaran.

Penutup

Proses Riset Pemasaran penting anda lakukan sebagai seorang pebisnis atau entrepreneur. Karena dalam proses ini anda akan mendapatkan semua data yang penting untuk strategi dalam pengembangan Bisnis dan sebagai strategi penjualan untuk produk anda.

Terimakasih sudah berkenan berkunjung dan membaca di Pintar Peluang

Tinggalkan komentar