Strategi dan Langkah menghasilkan Uang dari Media Sosial Tanpa Modal

Apakah Anda memiliki banyak pengikut di media sosial? Ingin belajar bagaimana mengubah pengikut itu menjadi uang?. Dan Mulai menghasilkan uang dari media Sosial?. Lalu bagaiman bisa mendapatkan uang dari Internet melalui media sosial? Berikut  Pintar Peluang  akan membagikan Strategi dan Langkah menghasilkan Uang dari Media Sosial Tanpa Modal.

Saat ini, ada begitu banyak orang yang mencari nafkah di media sosial tanpa menjual apapun. Mereka adalah pemberi pengaruh pada media sosial.

Menurut data statistik, Pada 2017, 86% pengiklan mengandalkan kampanye pemasaran influencer di beberapa titik sepanjang tahun. Dan 39% pengiklan mengatakan bahwa mereka telah meningkatkan anggaran pemasaran influencer untuk tahun 2018.

Semua ini adalah berita yang menjanjikan jika Anda tertarik mencari nafkah di media sosial sebagai influencer. Meskipun Anda tidak memiliki banyak pengikut saat ini, panduan ini akan menunjukkan kepada Anda apa yang perlu Anda lakukan untuk membuat diri Anda lebih menarik bagi pemasar dan merek.

Strategi Menghasilkan Uang dari Media Sosial

strategi menghasilkan uang dari media sosial

Dengan pemasaran influencer yang membuat daftar saya tentang tren pemasaran teratas yang harus dicari, ada banyak uang yang bisa dihasilkan di Media Sosial, ini jika Anda memposisikan diri Anda sesuai dengan yang di Inginkan pengiklan di Media Sosial.

Berikut ini adalah strategi paling atas dan populer untuk menghasilkan Uang dari media sosial tanpa menjual produk apa pun.

Pilih platform

Strategi menghasilkan Uang dari Media Sosial yang pertama adalah Anda hanya perlu memilih Platform yang paling sesuai untuk di jadikan ladang penghasilan dari Media Sosial.

Dari sejumlah media sosial yang ada, Instagramlah yang menjadi wadah paling banyak di gunakan dalam strategi ini. Penelitian menjelaskan bahwa hampir semua pemberi pengaruh sosial bekerja di Instagram.

Menurut Survei, Pada tahun 2018, lebih dari 82% influencer media sosial mengatakan bahwa Instagram adalah platform nomor satu mereka. Lebih dari 12% menanggapi dengan YouTube, dan kurang dari 2% mengatakan Facebook.

Itu mungkin karena 76% influencer mengatakan bahwa Instagram memiliki alat terbaik dibandingkan dengan platform sosial lainnya.

Berdasarkan angka-angka ini, saya sangat merekomendasikan memilih Instagram sebagai prioritas utama Anda.

Anda tidak perlu menciptakan kembali kemudi di sini. Jika influencer lain meraih begitu banyak kesuksesan di Instagram, Anda harus bisa mengikuti jejak mereka.

Profil sosial Anda yang lain harus digunakan untuk meningkatkan citra merek pribadi Anda dan pada akhirnya memperluas jangkauan Anda.

Tetapi Anda dapat menggunakan Facebook dan Twitter untuk mencoba mendapatkan lebih banyak pengikut di Instagram.

Bergabung dengan Jaringan Influencer

cara menghasilkan uang dari media sosial tanpa modal

Cara lain untuk menghasilkan uang di media sosial adalah dengan bergabung ke jaringan yang dibuat untuk influencer.

Platform ini digunakan untuk menghubungkan merek dengan orang-orang berdasarkan pengikut dan spesialisasi mereka.

salah satunya adalah Brandwatch. Jaringan ini adalah tempat yang tepat untuk memulai menjadi Influencer yang menghasilkan.

Atau yang cukup populer di Indonesia sendiri adalah Astari,Allstars. Jaringan ini adalah sebuah wadah para Influencer yang bisa mendapatkan Job dari Media sosial yang di Gunakan.

Jika Anda bergabung dengan salah satu jaringan ini, merek akan lebih mudah menemukan Anda jika mereka memiliki produk atau layanan yang terkait dengan konten Anda.

Sebagai contoh, jika anda menyukai yoga. Maka pengiklan akan menjadikan anda sebagai Influencer yang berkaitan dengan Yoga.

Jika sebuah merek ingin bekerja sama dengan influencer untuk menjual matras yoga dan pakaian yoga terbaru mereka, merek tersebut akan dicocokkan dengan Anda melalui jaringan ini.

Anda juga dapat menangani semua komunikasi dengan merek melalui platform ini.

Ini dapat membantu Anda tetap teratur daripada menggunakan pesan langsung melalui media sosial. Setelah Anda mendapatkan banyak pengikut, sulit untuk mengetahui semua pesan di kotak masuk Anda.

Saya baru-baru ini menulis tentang platform favorit saya untuk mengelola pemberi pengaruh sosial secara efektif.

Postingan tersebut ditujukan untuk merek, tetapi akan sangat membantu bagi influencer untuk membacanya juga. Lihat daftar untuk melihat platform mana yang paling sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda.

Tingkatkan keterlibatan Anda

Alasan mengapa merek ingin bekerja dengan pemberi pengaruh sosial adalah karena mereka secara historis memiliki tingkat keterlibatan yang sangat tinggi.

Faktanya, merek menyebut keterlibatan sebagai metrik teratas untuk mengukur keberhasilan kampanye pemasaran influencer.

Tingkat keterlibatan
Jika Anda ingin membuat diri Anda lebih menarik, Anda dapat menunjukkan kepada mereka seberapa tinggi tingkat keterlibatan Anda dengan pengikut Anda.

Mulailah dengan mempelajari cara menulis teks yang mendorong keterlibatan. Jika ingin pengikut Anda menyukai, mengomentari, menandai, melihat, dan berbagi konten Anda.

Tanggapi pengikut Anda.

Mungkin ini akan menjadi sedikit rumit, apalagi bagi Anda yang memiliki pengikut puluhan ribu. Tetapi kuncinya adalah membiasakan menyediakan waktu untuk menanggapi.

Paling tidak, sukai komentar mereka jika Anda tidak dapat menanggapinya.

Ingat, kami memperlakukan ini sebagai pekerjaan Anda. Jika Anda ingin mencari nafkah di media sosial, Anda perlu mendedikasikan sejumlah waktu setiap hari untuk menjadikan diri Anda influencer yang lebih berharga.

Jika mudah, semua orang akan melakukannya.

Terlibat dengan pengikut Anda akan membantu mereka membayar

l hubungan pribadi dengan Anda. Ketika Anda merekomendasikan sebuah merek kepada mereka, mereka akan lebih cenderung untuk bertindak berdasarkan rekomendasi Anda, membuat kampanye pemasaran Anda lebih sukses.

Berikan barang gratis

cara menghasilkan uang dari media sosial tanpa modal

Semua orang ingin mendapatkan sesuatu yang gratis. Untuk meningkatkan keterlibatan dengan pengikut Anda, mengadakan giveaway adalah salah satu opsi teratas Anda.

Setelah Anda mulai bernegosiasi dengan merek dan memutuskan jenis konten apa yang harus Anda posting, Anda dapat menyarankan giveaway.

Pada akhirnya, keputusan ada di tangan mereka. Mereka akan menjadi orang yang membayar Anda untuk konten bersponsor.

Tetapi Anda tidak perlu berkomitmen pada apa pun yang membuat Anda tidak nyaman. Jika menurut Anda konten yang mereka inginkan untuk Anda posting tidak menambah nilai bagi pengikut Anda, Anda dapat menolak tawaran tersebut dengan hormat.

Lagi pula, Anda tidak ingin kehilangan kredibilitas dengan memposting segala sesuatu dan apa pun yang diberikan seseorang kepada Anda. Jika Anda masih mencoba untuk mengembangkan pengikut Anda, memberikan sesuatu bisa menjadi cara terbaik untuk melakukannya, bahkan jika Anda belum dibayar oleh merek apa pun.

Mungkin ada baiknya menghabiskan $ 100 dari kantong Anda sendiri untuk kartu hadiah, misalnya, untuk diberikan kepada pengikut Anda.

Kemudian Anda dapat menunjukkan kepada merek seberapa bagus tingkat keterlibatan Anda untuk kampanye itu saat Anda bergerak maju dengan karier Anda sebagai influencer.

Gunakan Tagar pada Deskripsi Postingan

Jika Anda mencoba menghasilkan uang di media sosial, Anda tidak perlu takut menggunakan hashtag. Tapi jangan gunakan hanya satu per postingan. Penelitian menunjukkan bahwa menggunakan beberapa tagar menghasilkan tingkat keterlibatan yang lebih tinggi.

Tanda pagar yang baik adalah dengan menambahkan setidaknya tujuh tagar. Posting dengan tujuh tagar memiliki tingkat keterlibatan tertinggi.

Tapi itu tidak berarti Anda harus berlebihan. Menggunakan lebih dari delapan hashtag pada satu postingan dapat terlihat seperti spam.

Gunakan berbagai hashtag.

Beberapa harus luas dan dimaksudkan untuk menjangkau jumlah orang terbanyak. Misalnya, #tbt atau “throwback Thursday” adalah hashtag populer yang digunakan di media sosial. Jadi posting Anda akan diekspos ke massa.

Namun, Anda tidak ingin tersesat dalam pengacakan. Buat beberapa tagar unik dan lebih spesifik yang sesuai untuk setiap kampanye.

 Bermitra dengan aplikasi seluler

Terlalu sering kita melihat postingan dari influencer Media sosial yang bermitra dengan jenis merek yang sama. Mereka mempromosikan pakaian, pakaian kebugaran, aksesori, dan makanan.

Meskipun tidak ada yang salah dengan strategi ini, namun mungkin tidak berkelanjutan untuk pertumbuhan jangka panjang.

Merek-merek tersebut pada akhirnya akan menggunakan influencer lain di masa depan setelah mereka merasa telah mendapatkan hasil maksimal dari Anda dan jika tarif biaya per posting Anda terlalu tinggi.

Mulailah berfikir Outbox dan cobalah bermitra dengan merek unik, seperti aplikasi seluler yang sedang banyak di gunakan. Atau dengan aplikasi seluler yang sedang berkembang.

Ini akan mendapat dampak yang cukup besar pada perkembangan anda di Media Sosial. Dengan mekakukan hal ini, juga akan mempermudahkan pendekatan dengan merek lain sebagai Influencer.

Temukan pasar Anda

Sangat menggoda bagi pemberi pengaruh baru untuk mengambil pekerjaan dari merek apa pun yang menawarkan uang kepada mereka. Tetapi Anda perlu memahami bagaimana postingan ini dapat memengaruhi masa depan Anda.

Anda tidak ingin bermitra dengan merek apa pun yang bertentangan dengan nilai dan keyakinan inti Anda. Jadi pilihlah pengiklan yang menurut anda paling cocok dengan gaya dan pribadi anda.

Selain itu, Anda perlu menganalisis bagaimana konten ini akan memengaruhi pengikut Anda dan bagaimana Anda dipersepsikan oleh merek lain di masa mendatang.

Jika Anda bergabung dengan komunitas yang menghubungkan merek dan influencer, Anda ingin memastikan konten Anda sesuai dengan spesialisasi Anda.

Ketahui nilai Anda

Menurut penelitian, 80% influencer mengatakan konten bersponsor adalah sumber pendapatan utama mereka.

Ini peringkat lebih tinggi dari iklan dan tautan afiliasi. Hanya 33% influencer yang benar-benar menandatangani kontrak dengan sponsor.

Anda harus memastikan Anda melindungi diri sendiri dan mendapatkan bayaran untuk pekerjaan Anda.

Jangan hanya memposting konten untuk merek yang menawarkan untuk mengirimkan produk gratis kepada Anda. Itu tidak akan cukup jika Anda mencoba mencari nafkah dengan mencari uangan dari Media Sosial.

Nah untuk menentukan berapa Nilai anda, Mari kita simak dengan meninjau kualitas postingan dan keterlibatan anda dalam media sosial.

Berapa nilai sebuah postingan? Jumlahnya akan bervariasi berdasarkan jumlah pengikut yang Anda miliki dan tingkat keterlibatan Anda.

Rata-rata, 66% bisnis membayar kurang dari $ 250 per posting.

Dan 27% membayar antara $ 250 dan $ 1.000.

Hanya 4% membayar hingga $ 3.000 per posting.

Kecuali Anda seorang selebriti, Anda mungkin tidak akan melihat $ 3.000 untuk satu postingan. Namun bukan berarti itu tidak dapat di raih, terlebih jika anda sudah memiliki pengikut dan keaktivan dalam bermedia sosial dengan itu, bukan tidak masuk akal untuk membidik pasaran sebersar $ 250-1.000 itu.

Misalkan dalam seminggu Anda membagikan dua postingan bersponsor dari dua merek berbeda. Yang satu membayar Anda $ 750, dan yang lainnya membayar $ 250.

Jika Anda bisa terus mendapatkan tarif seperti itu sepanjang tahun, Anda akan menghasilkan lebih dari $ 50.000 per tahun. Sebuah angka yang fantastis bukan.

Posting foto berkualitas tinggi

starategi mengasilakan Uang dari Media Sosial yang berikutnya adalah dengan memposting Konten berkualitas tinggi. Ini bertujuan untuk menarik interaksi kepada pengikut anda, tentang kepuasan atas apa yang mereka dapatkan dari konten anda.

Jika Anda ingin menjadi pemberi pengaruh sosial, Anda perlu memastikan bahwa Anda hanya membagikan foto berkualitas.

Sebagai syarat untuk mendapatkan foto yang berkualitas adalah dengan membeli kamera profesional jika perlu. Atau setidaknya dapatkan smartphone baru yang dapat mengambil gambar lebih baik.

Jangan lupa juga untuk melakukan editing yang sesuai atau tidak berlebihan, hingga menurunkan kualitas gambar

Ungkapkan sepenuhnya hubungan Anda dengan merek

Bagian dari menjadi influencer sosial berarti Anda harus mengungkapkan sepenuhnya hubungan Anda dengan merek.

Pertama-tama, Anda tidak ingin menyesatkan pengikut Anda atau menyebabkan mereka tidak mempercayai Anda. Itu tidak benar.

FTC mengatakan bahwa pengungkapan ini harus jelas dan jelas. Perusahaan tidak ingin Anda menggunakan sesuatu yang ambigu, seperti #thanks atau #collab, yang dapat disalahartikan.

Anda juga tidak dapat mengandalkan pengungkapan yang hanya akan terlihat jika orang “lebih banyak mengklik” atau melihat konten di halaman landing terpisah. Untuk menunjukkan kepada Pengiklan dan pengikut anda cara mengungkapkan hubungan dengan benar.

Mempromosikan layanan Anda

strategi menghasilkan uang dari media sosial

Strategi Menghasilkan Uang dari Media Sosial yang terakhir adalah dengan mempromosikan Jasa anda di Media Sosial. Ini adalah cara menghasilkan Uang dari media sosial yang tidak membutuhkan  Modal sama sekali.

Anda hanya perlu mempromosikan jasa dan keterampilan yang anda miliki. Dengan begitu anda bisa menghasilkan uang dengan mudah tanpa memerlukan modal sedikitpun.

Dengan begitu anda tetap bisa mencari nafkah dari media sosial dengan menjual jasa yang anda miliki. tanpa harus menjadi seorang Influencer Untuk mendapatkan penghasilan dari media sosial.

Sebagai contoh, jika anda seorang fotografer dan dengan memposting hasil foto anda dengan kualitas yang tinggi, tidak menutup kemungkinan anda bisa menghassilkan Uang dari media sosial tersebut.

Itu hanya satu cara untuk melakukannya, tetapi ada banyak cara lainnya. Dan, jika Anda ingin menghasilkan uang di media sosial tanpa menjual produk apa pun, pertimbangkan untuk menggunakan saluran distribusi Anda untuk mempromosikan layanan Anda.

Kesimpulan

Dengan Strategi yang sudah di jelaskan di atas, tidak menutupkemungkinan anda bisa mendapatkan Pengahasilan yang fantastis dari Media Sosial. Lakukan dan Langkah mengahsilkan uang dari media sosial di atas dengan benar. Dan lihat perkembangan yang anda akan dapatkan.

Dari cara yang sudah di jelaskan terdapat tahapan dan langkah yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan media sosial agar bisa menghasilkan uang.

Tetap optimis dan berjuang untuk memanfaatkan keuntungan dari Media Sosial dengan bijak. Lakukan secara sabar dan penuh semangat.

Penutup

Demikianlah artikel tentang Strategi dan Langkah menghasilkan Uang dari Media Sosial Tanpa Modal ini. Semoga bisa menjadi acuan untuk menggunakan media sosial dengan bijak dan bermanfaat. Semakin berkembangnya zaman, semakin banyak juga cara yang bisa di lakukan untuk mendapatkan uang dari Internet.

Terimakasih sudah berkenan berkunjung dan membaca di  Pintar Peluang 

Tinggalkan komentar