5 Tujuan Riset Pasar yang Harus di Ketahui Pengusaha

Tujuan Riset Pasar adalah – Beberapa Pengusaha atau Pebisnis pasti sudah tidak asing lagi dengan Istilah Riset Pasar. Namun, meskipun begitu tidak sedikit dari pengusah pemula yang belum mengetahui apa itu Riset Pasar. Lalu sebenarnya apa yang di maksud serta Tujuan dari Riset Pasar itu?.

Sederhananya istilah Riset Pasar adalah sebuah tindakan pengumpulan data untuk mengetahui beberapa aspek yang di butuhkan untuk pemasaran. Nah dari arti sederhanya tersebut bisa kita simpulkan bahwa Tujuan Riset Pasar adalah Proses pengumpulan data tentang ketertarikan calon konsumen terhadap produk yang akan di Luncurkan.

Sebenarnya masih ada beberapa Tujuan yang lebih spesifik dari Riset Pasar ini. Untuk itu berikut Pintar Peluang akan membagikan apa saja yang menjadi Tujuan utama dari Riset Pasar ini. Berikut penjelasan dan ulasannya.

Pengertian Riset Pasar

Sebelum mengetahui apa saja Tujuan dari melakukan Riset Pasar. Disini mimin pintar peluang juga akan menjelaskan arti Tujuan Riset pasar ini. Nah sebenarnya apa sih arti dari Riset Pasar?

Riset Pasar adalah sebuah strategi dalam Dunia Bisnis yang memiliki tujuan pengumpulan data untuk mengetahui seberapa potensial serta ketertarikan konsumen kepada produk.

Seperti yang sudah kita singgung sedikt pada awal artikel ini tadi. Bahwa Riset Pasar juga berguna untuk mendapati seberapa besar ketertarikan calon konsumen atau Pasar terhadap produk. Misal sebagai contoh, Anda ingin memulai sebuah Usaha tentang produk olahan. Kemudian anda ingin tahu seberapa besar nantinya ketertarikan calon pelanggan terhadap produk yang anda jual.

Nah, kemudia anda melakukan Riset pasar yang bertujuan untuk memperoleh data ketertarikan produk anda dalam pasar.

Dalam sebuah situs Bisnis juga menyatakan bahwa Riset Pasar merupakan suatu proses yang bertujuan untuk menentukan kelayakan layanan atau produk baru melalui riset yang dilakukan langsung dengan pelanggan potensial.

Bagaimana?, Apakah anda sudah tahu tentang apa itu arti dari Riset Pasar tersebut?. Pastinya anda sudah paham dong. Nah agar anda bisa menjadi lebih mengerti tentang apa itu Riset Pasar, mari simak beberapa point dari Tujuan Riset Pasar berikut.

Tujuan Riset Pasar Adalah

tujuan melakukan riset pasar

Berikutnya, setelah mengerti apa itu Riset Pasar. Mari kita sama-sama lihat apa saja Tujuan Riset Pasar.

Dalam menerapkan strategi pengembangan Bisnis, Riset Pasar adalah satu Point yang tidak boleh di lewatkan. Apapun jenis usaha yang akan anda tekuni, anda tetap harus melakukan Riset Pasar untuk Bisnis anda. Bahkan ini juga merupakan alasan mengapa Produsen perlu melakukan Riset Pasar sebelum melakukan Produksi

1. Mengetahui Minat dan Ketertarikan Pelanggan terhadap Produk

Yang pertama Tujuan Riset Pasar adalah untuk mengetahui minat serta mendapati data tentang seberapa besar ketertarikan calon Konsumen teehadap produk anda.

Dengan melakukan Riset Pasar anda akan dapat mengetahui seberapa besar ketertarikan pelanggan dengan produk anda.

2. Tujuan Riset Pasar untuk Menganalisa Kompetitor

Kemudian yang kedua adalah untuk menganalisa Kompetitor. Mengapa?, karena ada banyak metode yang pasti diterapkan Kompetitor anda dalam mengembangkan usahanya.

Maka dari itu anda bisa mendapati strategi dari kompetitor anda dengan cara melakukan riset pasar. Anda bisa mendapatkan hal tersebut dengan melakukan survei langsung atau dengan cara melihat bagaimana cara kompetitor memasarkan produk mereka.

3. Mencari Celah Penjualan 

Sama halnya dengan analisa kompetitor, namun point ini bertujuan untuk mencari Celah untuk pemasaran produk anda.

Anda dapat melihat peluang dengan melakukan Riset Pasar. Bagaimana caranya?, anda bisa melihat apa yang sedang di butuhkan pasar. Kemudian anda bisa menciptakan produk yang bisa mengatasi atau menjadi sumber kebutuhan pasar.

4. Meningkatkan Kualitas Produk

Tujuan Riset Pasar adalah untuk meningkatkan Kualitas produk. Anda akan melihat bagaimana kualitas produk anda di pasar. Dengan itu anda bisa membuat kekurangan tersebut untuk metode pengembangan Produk anda.

5. Tujuan Riset Pasar Sebagai Strategi Mengembangkan Usaha dan Produk

Yang perlu di ingat juga Tujuan Riset Pasar adalah sebuah Strategi untuk mengembangkan Usaha. Setiap pengusaha memilki strategi sendiri untuk mengembangkan usahanya. Salah satunya dengan melakukan riset pasar.

Dengan Riset Pasar anda bisa memperoleh data yang lebih spesifik untuk mengembangkan usaha anda. Misal anda membangun usaha produk Rumah Tangga. Nah dengan itu anda bisa mengembangkan usaha anda dengan menambahkan beberapa produk rumah tangga lainnya yang laku keras di pasaran.

Waktu yang Tepat Melakukan Riset Pasar

Jika sudah memahami dan menyiapkan staregi untuk melakukan Riset Pasar berikutnya waktu yang tepat melakukan Riset Pasar. Sebaiknya kapan sih waktu yang tepat untuk melakukan Riset Pasar?.

Sebetulnya anda bisa melakukan Riset Pasar kapanpun, Namun saran dari beberap pengusaha atau Pebisnis banyak yang menyarankan melakukan Riset pasar saat sebelum meluncurkan Produk.

Namun, itu bukanlah menjadi patokan untuk melakukannya. Anda juga bisa melakukan Riset pasar saat setelah Produk anda di Produksi. Dalam  status ini Tujuan Riset Pasar adalah untuk melakukan Evaluasi terhadap produk.

Dengan begitu anda bisa mengetahui apa yang perlu di ubah agar produk anda bisa mendapat tempat di Pasar. Selain itu metode ini juga berguna untuk strategi pemasaran produk menjadi lebih baik.

Atau anda ingin membuat media promosi untuk meningkatkan penjualan. Sama saja data dari Riset Pasar sangat berguna untuk menerapkan Strategi promosi untuk produk anda.

Penutup

Itulah Tujuan yang paling dasar dalam melakukan Riset Pasar. Meskipun begitu Tujuan Riset Pasar adalah tetap menjadi point penting untuk mengembangkan Produk atau Bisnis anda.

Dengan menerapkan Metode Riset Pasar anda bisa membuat usaha atau produk anda menjadi lebih prosfek di pasaran.

Itulah sedikit pengertian dari Tujuan Riset Pasar yang bisa kami jelaskan. Semoga dengan artikel ini anda bisa memulai melakukan Riset Pasar untuk produk anda.

Terimakasih sudah berkenan berkunjung dan membaca di Pintar Peluang

Satu pemikiran pada “5 Tujuan Riset Pasar yang Harus di Ketahui Pengusaha”

Tinggalkan komentar