Rekomendasi UMKM Banda Aceh

Photo of author

Pintar Peluang

UMKM Banda Aceh – Aceh merupakan salah satu daerah yang memiliki potensi bagu dalam mengembangkan usaha mikro kecil menengah.

Pasalnya, selain memiliki keadaan geografis yang baik, pemerintahan Aceh juga mendung bagi pelaku usaha UMKM di Daerah tersebut.

Hal ini terbukti dari adanya berbagai program bantuan UMKM Banda Aceh yang masuk dalam agenda pemerintahannya.

Melihat dari sini, sudah jelas memulai usaha UMKM di Aceh akan sangat menguntunkan bukan? Untuk itu, jika anda ingin memulai usaha tersebut.

Berikut adalah rekomendasi jenis usaha UMKM di Aceh yang potensial dan menguntungkan untuk anda mulai.

Rekomendasi Ide Usaha UMKM di Aceh 

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, jika adanya dukungan yang kuat dari pemerintaha Aceh. Tentu saja, anda bisa mengembangkan bisnis usaha mikro kecil menengah ini dengan mudah.

Jika anda ingin memulai, namun belum menemukan ide usaha yang tepat. Mungkin beberapa ide dari daftar berikut bisa menjadi referensi untuk anda mulai.

Usaha Ternak

Ide usaha UMKM di Aceh pertama yang bisa anda mulai adalah usaha ternak. Ternak sendiri termasuk salah satu usaha yang bisa di mulai dalam skala kecil.

Jenis usaha yang satu ini pun juga terbilang bisa dimulai dengan berbagai kondisi geografis yang beragam.

Mengingat, ternak ada banyak jenis yang bisa di mulai. Mulai dari ternak lele, hingga ternak unggas seperti ayam dan itik petelur.

UMKM Kerajinan Tradisional di Aceh

Berikutnya adalah usaha yang bergerak dalam bidang kerajinan tangan. Jangan salah! Usaha kerajinan tangan saat ini sendiri sudah mendapatkan perhatian dan pasar di kalangan masyarakat loh.

Hal ini juga sudah terbukti dengan banyaknya pelakua usaha di Jawa yang mengekspor hasil kerajinan mereka hingga ke luar negeri.

Lain dari itu, usaha jenis kerajinan tangan juga bisa menjadi indikator untuk tetap menjaga kelestarian lingkungan dan adat yang ada.

UMKM Banda Aceh Jenis Makanan

Sudah tidak bisa dipungkiri lagi, Aceh merupakan salah satu wilayah yang memiliki banyak jenis makanan tradisional.

Lain dari itu, usaha makanan juga bisa anda mulai dengan jenis makanan kekinan, unik dan tradisional. Usaha makanan sendiri pun merupakan salah satu yang memiliki tingkat minat beli yang tinggi di masyarakat.

UMKM Minuman Unik di Aceh

Selanjutnya anda bisa memilih usaha jenis minuman yang juga memiliki nilai jual tinggi. Terlebih saat ini ada banyak sekali ide yang bisa anda mulai.

Jika tidak tertarik dengan minuman kekinian, anda bisa memberikan inovasi pada beberapa jenis minuman tradisional.

Baca Juga : Contoh Usaha UMKM di Desa yang Menguntungkan

Contoh Jenis UMKM di Banda Aceh yang Menguntungkan

Nah, melihat dari jenis yang ada diatas. Mungkin anda pun juga sudah terfikirkan akan ide usaha UMKM apa sih yang potensial untuk di Banda Aceh.

Untuk itu, jika anda masih bingung dengan ide yang lebih spesifik, mungkin contoh usaha berikut bisa anda jadikan sebagai ide yang bisa anda kembangkan untuk usaha.

  1. Usaha Ternak Bebek
  2. Ternak Itik Petelur
  3. Ternak Lele
  4. Memanfaatkan irigasi dan sawah Ternak Ikan Nila
  5. UMKM Bakso
  6. Mie Ayam dan Pangsit
  7. Makanan tradisional
  8. Membuat tas
  9. Aneka kerajinan tangan dari limbah
  10. Kado Unik dari kerajinan
  11. Bandrek
  12. Jus buah
  13. Minuman tradisional
  14. Minuman Kekinian
  15. UMKM Furniture

Baca Juga : UMKM Franchise yang Menguntungkan Untuk Pemula

Penutup

Bagaimana? Apakah anda sudah memiliki gambaran ingin memulai usaha UMKM Banda Aceh? Jika sudah, anda pun bisa memulainya.

Nah, jika anda mengalami masalah modal, maka anda bisa mencoba daftar UMKM Aceh untuk mendapatkan bantuan dari pemerintahannya.

Terimakasih sudah berkenan berkunjung dan membaca di Pintar Peluang

Contoh Usaha UMKM di Desa yang Menguntungkan

Rekomendasi UMKM Bengkulu yang Menguntungkan