Rekomendasi Usaha Islami Modal Kecil yang Mudah Dijalani

Photo of author

Pintar Peluang

Usaha Islami Modal Kecil – Menjalankan usaha merupakan salah satu upaya seseorang untuk berkarya dan menghasilkan uang. Dengan demikian, keuntungan yang di dapat akan di gunakan untuk memenuhi kebutuhan diri sendiri dan keluarga.

Adanya berkah dalam menjalankan usaha tentu akan mempengaruhi kehidupan di dunia maupun di akhirat. Oleh kerena itu, kamu tentu tidak ingin mememilih usaha dengan asal-asalan kan?

Nah, Usaha Islami Modal Kecil sangat di sarankan. Pintar Peluang akan membahas usaha apa saja yang dapat kamu jalani.

Rekomendasi Usaha Islami Modal Kecil yang Mudah Dijalani

Untuk anda yang masih belum menemukan ide usaha islami yang tepat, mungkin anda bisa menjadikan beberapa rekomendasi berikut sebagai referensi untuk membangun usaha anda sendiri nantinya.

Peternakan Kambing

Salah satu jenis Usaha Islami Modal Kecil yang di anjurkan dalam islam adalah berternak hewan. Dengan modal yang kecil pun kamu bisa memulai usaha ini.

Usaha peternakan kambing bisa di mulai oleh siapa saja dengan potensi keuntungan yang sangat menggiurkan.

Kamu tidak perlu khawatir soal biaya dan keperluan lahan yang luas. Kamu bisa mencoba cara berikut untuk memulai usaha peternakan kambing :

Pembuatan Kandang Kambing 

Carilah lahan kosong yang akan di gunakan untuk membangun kandang tempat pemeliharaan kambing atau domba.

Usahakan untuk menggunakan lahan yang berjarak kurang lebih 15 meter dari rumah warga. Agar terhindar dari bau yang mengganggu.

Kamu bisa membuat bentuk kandang kambing panggung dengan material kayu. Sehingga harga yang akan di keluarkan bisa lebih murah. Kemudian, buatlah kandang kambing sesuai dengan jumlah ternak yang di miliki.

Pemilihan Bibit Ternak Kambing 

Kamu bisa menyesuaikan modal yang di miliki untuk membeli bibit ternak kambing. Biasanya usia ideal untuk anakan kambing adalah 8 bulan sampai 1 tahun.

Jika kamu memiliki modal yang minim, kamu bisa membeli kambing jenis kambing kacang dan jawa randu. Dan jika mememiliki modal lebih, membeli kambing jenis etawa atau gibas bisa menjanjikan keuntungan yang besar.

Setidaknya untuk memulai kamu harus memiliki 2 ekor kambing jantan dan 3 ekor kambing betina.

Pakan Kambing dan Pengembangbiakan

Dari segi pakan kambing tentu sangat mudah karena kamu bisa memberikan rumput, sisa sayur, atau berbagai jenis dedaunan.

Pastikan sebelum memberi makan kambing. Kamu menjemur terlebih dahulu pakan selama 2 jam di bawah matahari supaya terhindar dari racun yang menempel.  

Jika kambing sudah berumur 12 bulan, kambing sudah bisa di kawinkan. Caranya cukup dengan menyatukan jantan dan betina dalam satu kandang.

Masa hamil kambing memakan waktu antara 5-6 bulan lamanya. Setelah itu, kambing ternak milikmu akan beranak dan bertambah.

Panen Ternak Kambing

Setelah anakan kambing berusia 1 tahun, kamu bisa melakukan proses panen. Kamu bisa menjual dengan harga berkisaran Rp 2 juta sampai 3 juta tergantung ukuran dan bobot kambing.

Cukup menjanjikan bukan? Kamu tidak perlu ribet, hanya perlu tekun dan perhatian dengan usaha kambing milikmu.

Baca Juga : Cara Memulai Usaha Jilbab Online Tanpa Modal

2. Pakaian Muslim

Seperti di ketahui, sebagai umat islam di wajibkan menutup aurat baik pria maupun wanita. Oleh karena itu, membuat Usaha Muslim Modal Kecil bisa kamu lakukan.

Sebagai umat muslim terutama kaum wanita di larang untuk mengenakan pakaian terbuka. Sehingga membuka peluang bagi kamu untuk membuka usaha pakian muslim.

Pada saat menjelang Idul Fitri, penjualan pakaian muslim seperti gamis, terusan, baju koko, sarung, jilbab, dan sejenisnya bisa meningkat drastis. Sehingga keuntungan dari bisnis busana muslim pun semakin meningkat.

Agar Usaha Pakaian Muslim milikmu bisa berjalan lancar, kamu bisa mengikuti tips ini :

  • Mengikuti tren
  • Menjaga ketertarikan konsumen
  • Melakukan promosi di sosial media
  • Jual pakaian yang sesuai dengan syariat islam
  • Pilih lokasi yang strategis

3. Usaha Islami Modal Kecil Warung Kopi

Memiliki sebuah usaha warung kopi rumahan sendiri sangatlah menyenangkan dan juga menjanjikan. Usaha warung kopi menjadi salah satu jenis usaha yang tidak memerlukan modal besar. Sehingga siapa saja bisa memulainya sendiri tanpa harus pusing memikirkan modal awal.
Tidak hanya itu saja, usaha ini memiliki prospek yang sangat baik dan mampu memberikan keuntungan dalam waktu yang relatif singkat.

Karena warung kopi saat ini menjadi tempat pilihan tongkrongan untuk di jadikan tempat mengerjakan skripsi atau tugas kuliah mereka. Selain tidak perlu mengeluarkan banyak biaya mereka juga bisa santai dan tidak takut untuk di usir.

Usaha warung kopi dapat kamu coba karena hanya membutuhkan modal yang kecil. Selain itu, dengan Usaha Islami Modal Kecil warung kopi ini, kamu juga bisa menjual makanan.

Seperti nasi goreng, aneka macam mie instan atau cemilan lain seperti kentang goreng, cireng, dan gorengan.

Tambahkan free wifi jika perlu, karena memungkinkan banyak pelanggan yang ingin mencari internet gratis.

Berikut tips agar warung kopi milikmu bisa sukses :

  • Atur tata letak dagang, buat senyaman mungkin
  • Jaga kebersihan warung agar pelanggan nyaman jika duduk di warung milikimu
  • Lakukan riset menu dengan baik
  • Pilihlah supplier kopi terbaik, agar kualitas rasa tidak mengecewakan pelangan.
  • Tentukan jenis kopi yang akan di jual atau di hidangkan.

Baca Juga : Ide Usaha Untuk Wanita Muslimah

4. Bimbel Calistung Anak

Bimbel calistung yaitu bimbel baca tulis hitung menjadi salah satu Usaha Islami Modal Kecil yang menjanjikan. Di samping menghasilkan cuan kamu juga bisa beramal dengan berbagi ilmu.

Terlebih bimbel telah menjadi kebutuhan pokok di masyarakat. Tingginya kesadaran orang tua tentang pentingnya pendidikan bagi anak membuat bimbingan belajar menjadi kebutuhan pokok.

Karena mereka menginginkan anaknya bisa membaca, menulis dan berhitung sebelum menempuh sekolah dasar nantinya.

Tidak sedikit orang tua yang sibuk dan tidak mempunyai waktu untuk mengajarkan anak mereka. Maka usaha bimbel calistung anak bisa menjadi usaha yang menguntungkan bagimu.

Untuk memulai usaha bimbel calistung kamu bisa memulainya dengan modal nol rupiah. Namun sebelum memulai, kamu harus memiliki konsep yang matang dan keseriusan.

Kamu juga harus membuat persiapan seperti menentukan konsep, lokasi, target market, hingga kurikulum bahan ajar.

Tawarkan keunggulan yang berbeda dari bimbel lainnya. Seperti jaminan bisa calistung danjumlah siswa yang lebih sedikit dalam satu kelas.

Untuk lokasi, bimbel calistung bisa di lakukan di mana saja. Kamu bisa menjalankan bimbel calistung di dalam rumah jika belum memiliki modal cukup untuk menyewa ruko.

Namun perlu di ketahui, jika lokasi rumah jauh dengan pusat kota, akan berimbas pada target pasar yang semakin sempit.

Namun demikian, hal tersebut bisa di minimalisir dengan cara promosi. Kamu bisa melakukan strategi yang baik dalam  promosi. Mulai dari membagikan brosur ke setiap rumah, mendatangi TK atau SD, hingga melakukan promosi melalui media sosial.

Baca Juga : Rekomendasi Usaha Untuk Remaja Wanita

5. Usaha Islami Modal Keci Les Ngaji

Rekomendasi Usaha Islami Modal Kecil berikutnya adalah Menjadi tutor mengaji bisa kamu lakukan jika memungkinkan.

Karena target pasar untuk usaha ini cukup luas dan bukan hanya untuk anak-anak saja. Bahkan banyak muslim yang tidak bisa membaca al quran.

Oleh sebab itu, kamu bisa membangun usaha ini. Di samping mendapatkan uang kamu juga menabung pahala dengan berdakwah.

Untuk memulainya, kamu bisa menjadi tutor di usaha les yang kamu bangun. Biasanya, promosi usaha ini akan di bantu dengan penyampaian dari mulut ke mulut. Selain itu, kamu juga bisa mengajak kenalan atau keluargamu untuk mengajar.

Kamu juga bisa mengajar ngaji secara langsung atau bahkan lewat daring.

6. Cetak Foto Polaroid

Rekomendasi Usaha Islami Modal Kecil yang bisa kamu mulai adalah Membuka jasa cetak foto polaroid termasuk bisnis usaha yang bermodal kecil tapi menguntungan loh. Kini cetak foto bergaya polaroid ini banyak di minati.

Karena memberi kesan keren dan cocok untuk di jadikan koleksi, aksesoris aesthetic ruangan, hingga dekorasi acara.

Banyak remaja kini yang ingin mendekorasi kamar mereka dengan menempelkan foto – foto agar kelihatan aesthetic. Sehingga membuka peluang besar bagi kamu jika ingin memulai usaha cetak foto polaroid.

Untuk memulai usaha ini. Kamu hanya membutuhkan komputer, printer khusus foto dan satu set kertas foto yang di jual dengan harga ekonomis.

Tentunya kamu juga harus memiliki skill dalam pengeditan foto agar hasil yang di cetak memberi kesan menarik bagi pelanggan.

Dengan demikian selain bisa mengembangkan kreatifitas, kamu juga bisa mendapat banyak keuntungan lebih loh. Kamu bisa menjalani usaha dengan santai namun menguntungkan.

Kamu juga perlu melakukan promosi kepada pelanggan agar mereka tertarik dan ingin mencetak foto di usaha milikimu.

Bisa dengan cara menyebarkan brosur dan melalui sosial media. Gunakan promo seperti cetak foto 5 gratis 1, tentu ini akan menambah minat pelanggan.

Baca Juga: 8+ Ide Bisnis Fashion Wanita yang Menguntungkan

7. Usaha Frozen Food

Makanan frozen food merupakan salah satu usaha modal kecil yang cukup menjanjikan. Karena makan frozen sangat banyak di minati masyarakat terutama anak-anak.

Selain praktis dalam pengolahannya, makanan beku tersebut mampu bertahan lama dalam kondisi dingin dalam freezer ataupun kulkas. Namun kamu juga harus memperhatikan jenis dan bahan makanan apa yang di beli. Supaya ke halalan makanan terjamin.

Jika kamu belum memiliki modal yang lebih untuk membeli freezer, kamu bisa menggunakan kulkas yang ada di rumahmu dulu. Nah, kamu hanya perlu modal untuk membeli makanan frozen yang akan di jual.

Nah, bila kamu berminat untuk membuka usaha frozen food peluangnya cukup besar. Kamu bisa memulainya dengan menjual beberapa bungkus frozen food untuk menjajaki pasar.

Kamu tidak perlu menyewa ruko untuk berdagang sehingga modal awal yang mungkin kamu butuhkan berkisar hanya 10 juta rupiah.

Untuk memperlancar penjualan kamu dapat memanfaatkan sosial media. Agar promosi dan pengenalan produk forez mlikikmu di lirik pelanggan.

Jika memungkinkan, kamu bisa menambah keahlian dengan menciptakan makanan frozen food sendiri. Agar menambah jenis produk dan meningkatkan profit keuntungan.

Sehinga semakin banyak varian, maka akan semakin banyak konsumen yang tertarik untuk membeli.

Penutup

Biasanya banyak yang ingin memulai usaha namun tidak memiliki modal yang cukup. Nah, artikel dari Pintar Peluang ini mungkin bisa menjadi rekomendasi Usaha Islami Modal Kecil yang bisa di coba.

Jika kamu menekuni salah satu usaha di atas, memungkinkan kamu akan mendapatkan keuntungan yang besar. Namun jika sudah berhasil, kamu harus konsisten terhadap usaha tersebut.

Selamat membaca dan mencoba!

Terima kasih sudah berkunjung ke Pintar Peluang. Semoga Membantu 🙂

Manfaat Teratai Salju Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui Orang

Penghitung Followers Tiktok Paling Akurat yang Gratis

Leave a Comment